Categories: Google

Pengoptimasian Adwords Jangan Terpengaruh Pada Metrics Session

Pengoptimasian Adwords Jangan Terpengaruh Pada Metrics Session

Suatu study kasus pada campaign adwords yang mana pada awalnya ditujukan untuk mendapatkan metrics sessions di Google analytics ternyata bisa berdampak terhadap menurunnya objektif lain, dan ini sangat merugikan dari sudut pandang yang berbeda. Untuk itu pengoptimasian adwords sebaiknya dipertimbangkan kembali setelah mendapatkan efek yang kurang menarik dari sisi perolehan goal/ kpi. Kenapa ini bisa terjadi, ini adalah bagian dari A-B testing yang bisa kita lakukan di adwords.


Pertama-tama mari kita kupas apa itu Objective pada adwords, suatu organisasi menjalankan suatu campaign adwords biasanya mempertimbangkan klik yang murah ini biasa dipakai pada ecommerce, sedangkan yang berorientasi awareness sering memakai metrics “impressions” sebagai kpi, bahkan ada beberapa pengguna adwords biasanya produsen FMCG (Fast Moving Consumer Goods) yang lebih fokus terhadap “impressions share”, dan ada juga yang fokus terhadap sessions yang ada di google analytics, ini biasanya digunakan oleh perusahaan e-commerce juga. Nah dari beberapa objective tersebut, baik-baiklah kita untuk menyampaikan data tersebut agar tidak salah menyampaikan begitu juga terhadap penghematan budget yang ada.

Yang ingin saya sampaikan saat ini adalah point terakhir, yaitu fokus terhadap metrics sessions. Apa itu sessions, terjemahan dari Google analytic begini “Session adalah periode waktu pengguna secara aktif yang ikut serta terlibat di situs web” bahasa gak pusingnya “sessions” adalah metrics jumlah user yang masuk di website kita dengan menggunakan periode waktu, kalo masih bingung kita artikan user yang visit ke web.

Dalam perjalanannya untuk meningkatkan sessions itu hanya tinggal review dari hasil campaign sebelumnya trus di improvisasi. 1 sampai 3 hari berjalan biasanya sudah bisa kelihatan improvisasi kita efektif apa tidak dibandingkan dengan hasil yang kemarin di dashboard Adwords dan Analytics.

Yang ingin saya bagi adalah, ketika improvisasi dibatasi dengan budget yang tidak habis dan sudah jenuh keadaannya maksudnya hasil adwords sudah tidak bisa lebih baik lagi meskipun penambahan keywords, ubah landing page, text diperbaiki dan sebagainya. Ada jalan lain yang bisa jadi pilihan yaitu menaikkan bidding. Hati-hati dengan efek bidding, dari research yang saya peroleh dengan batasan budget sama dengan campaign sebelumnya ternyata ;
– Penambahan bidding belum tentu meningkatkan perbandingan sessions terhadap klik.
– Efek penambahan bidding malah mengurangi conversion sehingga harga conversion menjadi mahal
– Harga CPC dan session juga berimbas mahal

Dari analisa tersebut dapat disimpulkan apabila campaign yang sudah existing dalam perjalanan untuk memperoleh matrics sessions yang lebih banyak dengan harga murah bisa dilakukan dalam perjalanan yang perlahan dengan mempelajari proses yang sudah berjalan, misalnya dengan filterisasi bidding keywords, keywords yang produktif klik tapi session kecil dikurangi saja biddingnya, sedangkan keyword yang session berbanding kliknya tinggi dan low price bisa kita naikkan biddingnya, dll. Anda juga bisa improvisasi Text Adnya dengan menggunakan DKI ke Title dan url actualnya. Demikian yang dapat saya sharing hari ini, karena udah lama gak ngeblog jadi sediain waktu tak-tik-tuk dulu, oopps ternyata udah pagi, tidur dulu ya.

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Masa Depan Internet of Things (IoT) pada Smartphone

Masa Depan Internet of Things (IoT) pada Smartphone: Transformasi Menakjubkan Menuju Keterhubungan yang Lebih Luas.…

6 months ago

Pekerjaan Bidang Kecerdasan Buatan (AI) yang Dibutuhkan

Pada era digital yang terus berkembang Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence atau AI) telah menjadi salah…

6 months ago

Strategi Digital Marketing Sederhana untuk Usaha Kecil Menengah

Dalam era digital yang terus berkembang, memiliki strategi digital marketing yang efektif menjadi kunci keberhasilan…

6 months ago

Strategi dan Taktik untuk Kesuksesan Online Digital Marketing

Dalam era digital yang terus berkembang, Strategi dan Taktik untuk Kesuksesan Online telah menjadi kunci…

6 months ago

Tips Dan Strategi Belajar Digital Marketing Bagi Pemula

Digital Marketing adalah sebutan untuk cara pemasaran yang baru - baru ini muncul di Sosial…

2 years ago

10 Peluang Lowongan Kerja Yang Berhubungan Dengan Digital Marketing

Masyarakat memang tempat yang sangat keras apabila anda tidak punya penghasilan yang tetap dan juga…

2 years ago