Optimasi SEO Untuk Hasil Pencarian Lokal

Optimasi SEO untuk hasil pencarian lokal

SEO bisa diterapkan untuk hasil pencarian lokal dan internasional. Google hadir di berbagai negara dan setiap negara punya algoritma tersendiri. Itulah mengapa anda akan melihat adanya perbedaan ketika melakukan pencarian di google.com dan google.co.id. Berkaitan dengan hal tersebut, anda perlu menerapkan SEO yang tepat. Kali ini kami ingin berbagi trik optimasi SEO untuk hasil pencarian lokal. Persaingan di local search sudah tinggi, apalagi internasional. Namun anda tidak perlu khawatir, ada berbagai metode yang bisa diterapkan agar website bisa bersaing dengan lebih baik. Apa saja itu? Berikut adalah beberapa diantaranya:

Optimasi judul dan meta description

Ini merupakan trik jadul yang masih berguna hingga sekarang. Meta deskripsi membantu robot menemukan konten website anda. Setiap halaman punya meta deskripsi yang berbeda-beda. Tanpa meta pun website tetap tampil di hasil pencarian, tapi anda mengoptimasi agar hasil pencarian lebih akurat. Ini bisa mendorong visitor mengklik link yang muncul di mesin pencari.

Buatlah judul yang menarik, begitu pula dengan deskripsi. Biasanya sebelum masuk ke halaman website, visitor akan menyempatkan diri untuk membaca meta deskripsi agar mereka mendapatkan gambaran soal konten di dalam laman yang ingin dikunjungi. Panjang judul yang efektif biasanya sekitar 50 hingga 60 karakter. Jika judul artikel terlalu panjang, sebaiknya disingkat.

Kemudian untuk deskripsi konten, sebaiknya batasi maksimal 160 karakter saja. Ini juga disarankan oleh beberapa plugin SEO. Tahukah anda bahwa penulisan meta deskripsi adalah sebuah seni? Publisher berlomba-lomba membuat deskripsi yang unik supaya visitor mau berkunjung ke website mereka. Konten berkualitas memang penting, tapi meta deskripsi tidak kalah pentingnya.

Direktori online

Direktori online merupakan wadah bagi anda untuk mempopulerkan usaha. Untuk yang internasional, ada Yelp, Citysearch, dll. Melisting website di direktori online bisa meningkatan visibilitas website. Itu akan membuat website anda semakin dikenal. Direktori online merupakan salah satu contoh penerapan SEO. Anda bisa meninggalkan backlink di banyak direktori, tapi jangan spam (terlalu banyak posting di direktori dalam waktu singkat).

Selain itu, utamakan website yang authority-nya tinggi. Website seperti ini biasanya mendapatkan kepercayaan lebih di mata mesin pencari, sehingga bisa mendongkrak posisi website anda secara signifikan. Tinggalkan pula alamat, kontak, dan informasi penting lainnya pada website aggregator. Fungsinya sama, yaitu untuk meningkatan popularitas website. Tulislah informasi secara formal sebab itu berpengaruh besar terhadap reputasi perusahaan.

Minta review

Review online mirip dengan guest posting. Bedanya adalah pada review online, anda meminta pendapat konsumen seputar produk dan layanan yang ditawarkan. Bisnis membutuhkan review agar berkembang dalam tren yang positif. Tanpa review dari konsumen, anda tidak akan tahu apakah ada produk dan layanan yang perlu diperbaiki. Produk berkualitas biasanya mendapatkan rating 4-5/5, sementara yang lebih rendah tandanya belum bisa memuaskan konsumen. Guest posting adalah salah satu bentuk paid review, tapi disini kita juga meminta link balik menuju website.

Biaya guest posting beragam, mulai dari puluhan hingga ratusan dollar per artikel. Mengapa mahal? SEO secara umum memang mahal, apalagi backlink dari website popular, nilainya akan sangat tinggi. Reputasi perusahaan sangat bergantung dari review. Anda perlu merilis produk-produk berkualitas agar mendapatkan trust lebih dari konsumen. Jika ada yang perlu direvisi, segeralah lakukan. Itu akan berdampak positif terhadap perkembangan usaha anda. Itu tadi beberapa trik optimasi SEO untuk hasil pencarian lokal. Silakan terapkan pada website anda.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Internet and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.