Jenis-jenis Teknologi Desain dan Fungsinya

Teknologi Desain

Jenis-jenis Teknologi Desain dan Fungsinya – Teknologi memang memberikan pengaruh yang besar dalam berbagai aspek di kehidupan manusia. Slah satu aspek yang kini nyaris tidak dapat dipisahkan lahi dengan teknologi ialah yang berhubungan dengan desain. Pengelolaan teknologi dalam aspek desain dapat berhubungan dengan yang berbasis komputer atau juga non-komputer.

Tentu tujuan dari teknologi di aspek desain ini ialah untuk menyampaikan pesan dari desain produk atau konstruksi bangunan. Tidak heran apabila teknologi kini mengambil peranan yang sangat penting dan tidak dapat lagi terpisahkan dalam aspek gambar. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari Anda dapat melihat hasil dari desain yang dibuat dengan teknologi, seperti dsain pada kemasan makanan atau minuman ringan, dan lain sebagainya.

Menariknya suatu desain yang diciptakan dapat menjadi penilaian tertentu terhadap minat beli atau tercapainya tujuan tertentu. Teknologi pada aspek desain memang tidak dapat dipisahkan dengan Teknologi Informasi, karena keduanya memiliki kerikatan dan hubungan yang cukup relefan. Di mana gambar menggunakan beberapa perangkat keras dan lunak yang tersedia dalam Teknologi Informasi. Berikut jenis-jenis teknologi pada desain dan fungsinya.

Desain untuk Identitas Visual

Teknologi yang kerap digunakan pada pada suatu perusahaan untuk meningkatkan daya jual produknya ialah desain identitas visual. Apalagi jika suatu produk memiliki bahan utama yang sama dengan produk pesaing, di sinilah peranan dari sebuah teknologi untuk meningkatkan daya jual. Fungsi dari desain untuk identitas visual juga ialah untuk memudahkan konsumen langsung mengenali produk yang ditawarkan.

Sekalipun produk tersebut memiliki bahan utama yang sama dengan produk pesaing. Sebab, dengan adanya desain yang khusus akan menjadi pembeda dari produk pesaing yang sudah ada di pasaran. Teknologi pada aspek desain ini juga dikenal dengan istilah design technology untuk menciptakan branding terhadap suatu produk. Tidak heran jika banyak perusahaan memerlukan teknologi untuk meningkatkan daya saing.

Desain untuk Pemasaran dan Periklanan

Hal yang paling sering Anda lihat di televisi dan beberapa media online ialah iklan. Tayangan yang satu ini memang memberikan banyak pengaruh, sehingga dapat dipastikan sekarang semua media akan menyajikan kolom iklan. Namun, ketidakmenarikan suatu iklan tentu akan langsung dilewati oleh setiap orang yang melihatnya. Tentu pengiklan akan sangat rugi apabila membuat iklan yang tidak menarik.

Sebab, biaya membuat iklan tidaklah murah, dan setiap perusahaan butuh design technology untuk membantu memasarkan dalam bentuk periklanan. Konten menarik yang berhasil diciptakan dengan bantuan teknologi tentu akan dilihat oleh calon konsumen. Apalagi sajian iklan sangat mudah diingat, pastilah langsung ter-framing oleh yang menontonnya. Keberhasilan dari suatu iklan bermula dari calon konsumen mau melihatnya terlebih dahulu.

Desain untuk Publikasi

Tidak hanya perusahaan yang bergerak dibidang jual beli suatu produk atau jasa saja yang membutuhkan teknologi, tapi juga di dalam bidang publikasi juga sangat perlu dukungan teknologi. Publikasi kini tidak sekadar berupa media cetak, tetapi juga berupa media online. Semua bidang publikasi tersebut membutuhkan teknologi untuk memberikan layout yang menarik pada setiap postingan terkait media.

Design technology yangdipergunakan untuk publikasi biasanya akan dilakukan oleh editor, pengatur tata letak, dan tipografi ikut andil. Sebab, dalam desain untuk publikasi tidak lagi sekadar tata letak saja. Namun, terdapat keindahan grafik, ilustrasi, dan penambahan foto yang mendukung dari isi baik itu cerita, artikel, atau berita yang dimuat dalam media tersebut. Tidak akan enak dilihat apabila tidak ada desain yang ditetapkan dalam media.

Desain untuk Konstruksi

Teknologi pada aspek desain memang sangat memberikan pengaruh, terutama dalam kemudahan untuk membuat rancangan suatu bangunan. Konstruksi yang akan dibangun butuh desain yang khusus dengan perhitungan yang matang, dan melalui teknologi semuanya bisa dilakukan lebih mudah dan cepat. Apalagi ketika akan merancang sebuah gedung yang bertigkat, dan memiliki bentuk yang unik.

Bahkan untuk membangun sebuah jalan atau jembatan juga dibutuhkan desain yang menggunakan teknologi. Hal ini membuktikan bahwa design technology sangat memberikan kemudahan dan dukungan terhadap rancangan pada bidang konstruksi. Bangunan yang indah, unik, dan kokoh dapat dirancang dengan bantuan teknologi terkini. Teknologi pada aspek desain memang berkesinambungan dengan Teknologi Informasi.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in News. Bookmark the permalink.

Comments are closed.