Perkembangan Teknologi Internet Di Dunia Saat Ini

Perkembangan Teknologi Internet Di Dunia Saat Ini
Perkembangan Teknologi Internet Di Dunia Saat Ini
Teknologi internet merupakan dimana saling terhubungnya komputer satu dengan komputer lainnya melalui suatu jaringan. Saat ini internet bisa dikatakan adalah perpustakaan besar yang menampung jutaan bahkan milyaran informasi dari mulai teks, grafik, dan audio. Orang bisa mendapatkan informasi dengan mudah karena adanya perkembangan teknologi internet. Bahkan sekarang ini setiap handphone pasti bisa mengakses internet dimanapun asalkan terdapat jaringan koneksi. Hal tersebut membuat seseorang bisa masuk ke perpustakaan setiap saat dan pada waktu dibutuhkan tanpa harus bergerak ke perpustakaan sebenarnya.
Sebelum masuk ke perkembangan teknologi internet kita batasi terlebih dahulu mengenai definisi teknologi. Teknologi sendiri adalah barang buatan manusia yang bisa mempermudah kegiatan manusia dan curahan dari kumpulan ilmu pengetahuan serta dibuatlah sebuah sistem. Dapat ditarik kesimpulan bahwa teknologi internet adalah suatu sistem yang dibuat oleh manusia dan memudahkan berbagai kegiatan manusia dengan menggunakan jaringan sehingga bisa diakses oleh berbagai kalangan dan masyarakat luas dimanapun dan kapanpun tanpa terpaut jarak ataupun waktu.
Kemajuan teknologi dan internet ini memang tidak bisa dihindari bahkan dijauhi, karena memang ada banyak manfaat yang bisa diraih dengan adanya perkembangan teknologi internet ini. Berikut beberapa hal positif dari penggunaan teknologi internet.
1. Menambah Ilmu Pengetahuan dan Berbagi Wawasan
Kita ketahui bahwa dengan adanya internet membuat seseorang dapat mengakses informasi tanpa batas. Berita di belahan dunia barat bisa diakses di dunia belahan timur dengan adanya internet.
2. Sumber Referensi Dan Inspirasi
Teknologi internet yang semakin canggih membuat kita dapat mencari hal-hal yang bisa menimbulkan kreatifitas. Misalnya mengetahui berbagai pola dari suatu benda, dan bahkan bisa membuat seseorang memiliki kemampuan baru dari melihat gambar dan video di internet.
3. Sarana Komunikasi
Akses internet yang bisa menghubungkan komputer, gadget, dan benda lainnya yang memiliki konektivitas internet bisa melakukan komunikasi dengan seseorang tanpa terbatas. Mulai dari media sosial hingga chat.
4. Sumber Penghasilan
Banyak profesi yang dilakukan hanya berhadapan dengan laptop atau gadget dan memanfaatkan akses internet untuk mendapatkan informasi pelanggan dan membuat toko online serta banyak jenis profesi lainnya yang membuat seseorang mendapatkan penghasilan yang menjanjikan.
Sebenarnya teknologi internet adalah terobosan bagi kemudahan manusia, namun perlu diketahui bahwa perkembangan teknologi internet yang tidak bisa dibendung dan dihindari tentu segala informasi dari mulai foto, teks, video, dan animasi tidak bisa disortir ataupun dilarang. Hal itu tentu menimbulkan beberapa kerugian bagi masyarat suatu wilayah. Misalnya masyarakat di Indonesia yang memilik budaya ketimuran bisa tergerus oleh budaya barat. Bahkan kerugian tersebut bisa merusak jati diri dan moral bangsa karena informasi yang diterima. Selain itu juga dengan banyaknya informasi di internet yang di terima menjadi tidak adanya pegangan terhadap informasi tersebut.

History of the Internet

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Internet and tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.