Pengertian Manajemen Teknologi, Konsep serta Fungsi Penerapannya

manajemen teknologi

Pengertian Manajemen Teknologi, Konsep serta Fungsi Penerapannya – Bisa dikatakan bahwa manusia akan selalu hidup berdampingan dengan teknologi. Setiap perjalanan waktu selalu diwarnai perubahan-perubahan teknologi yang mengarah ke arah kemajuan. Kemajuan teknologi bisa dilihat dan dirasakan dalam kehidupan sehari-hari, ketika hampir semua urusan jadi semakin mudah.

Kecanggihan teknologi memang membawa manfaat besar bagi kehidupan manusia. Bahkan teknologi bisa menjamin efisiensi waktu dan tenaga. Namun di sisi lain, teknologi bisa membawa perubahan buruk yang tidak diharapkan. Maka dari itu, penting untuk dilakukan manajemen atau pengelolaan teknologi. Seperti apa yang dimaksud dengan pengelolaan teknologi dan seluk beluknya?

Pengertian Manajemen atau Pengelolaan Teknologi

Pengelolaan teknologi merupakan ilmu yang menghubungkan kajian manajemen dengan rekayasa teknik dan pengetahuan. Istilah yang dalam bahasa asing disebut technology management secara khusus memiliki maksud tertentu yaitu mencapai tujuan strategik yang telah ditetapkan. Secara pengertian yang lebih sederhana, pengelolaan teknologi adalah upaya memberdayakan teknologi sebagai sarana untuk mencapai tujuan tertentu.

Dalam proses manajemen atau pengelolaan teknologi, terdapat beberapa tahap penting yang saling berhubungan dalam suatu tujuan. Serangkaian aktivitas pengelolaan teknologi diawali dengan tahap perencanaan yang sekaligus menetapkan tujuan yang ingin dicapai. Tahap kemudian dilanjutkan dengan pelaksaan yang merupakan aktivitas inti. Terakhir, pengelolaan teknologi juga melibatkan proses evaluasi untuk meninjau seluruh proses dan hasilnya.

Konsep Manajemen atau Pengelolaan Teknologi

Dalam penerapannya, manajemen teknologi tentu memiliki sebuah konsep tertentu yang menjadi dasar proses kerjanya. Secara umum, pengelolaan teknologi dimaksudkan untuk bidang industri maka konsepnya pun berhubungan dengan bidang tersebut. Konsep pengelolaan teknologi dalam bisnis terfokus pada peningkatan daya saing produk yang dihasilkan sampai penambahan nilai perusahaan.

Dalam konsepnya, pengeloaan teknologi memiliki beberapa komponen penting. Pertama disebut dengan istilah technoware yaitu kecanggihan pada mesin dan humanware yaitu kecanggihan pada sumber daya manusia. Teknologi juga dikenal sebagai infoware yang berarti teknologi dari data serta orgaware yang maksudnya teknologi dalam organisasi. Setiap komponen akan berjalan dengan saling melengkapi untuk sampai ke tujuan tertentu.

Konsep technology management juga mengacu pada ruang lingkup pembahasannya. Disebutkan bahwa istilah tersebut mencakup semua perencanaan hingga evaluasi. Perencanaan teknologi melihat teknologi sebagai alat untuk meningkatkan daya saing. Artinya bahwa teknologi akan dimanfaatkan untuk memaksimalkan keuntungan. Selain itu, teknologi juga akan berguna untuk mengatasi masalah yang kompleks dan dinamis.

Fungsi Manajemen atau Pengelolaan Teknologi

Sebagai hasil buatan manusia, teknologi bisa memberikan manfaat yang sesuai dengan tujuan pembuatannya. Namun tidak menutup kemungkinan teknologi justru bisa menghasilkan dampak yang tidak diharapkan. Teori tersebut berlaku di semua bidang kehidupan yang mengandalkan bantuan teknologi. Baik itu bidang kehidupan eksternal seperti perusahaan dan bidang kehidupan internal pada diri pribadi manusia.

Seperti yang telah dikatakan bahwa manajemen teknologi memiliki tujuan khusus dalam penerapannya. Terutama dalam dunia bisnis, pengelolaan teknologi selalu dipercayakan kepada ahli mengingat bahwa tujuannya sangat penting. Pengelolaan teknologi dimaksudkan untuk semakin mempermudah aktivitas dalam bisnis, hingga memperbesar peluang untung yang tidak bisa ditawarkan oleh cara kerja manual.

Dalam bidang lain, pengelolaan teknologi memiliki fungsi sebagai batasan. Pasalnya jika tidak ada batasan dalam pemanfaatan teknologi, bisa saja inovasi yang dikembangkan manusia itu justru akan merusak tatanan. Seperti contohnya penggunaan internet yang harus dilakukan secara bijak. Sebab jika menggunakan internet secara bebas, tanpa batasan dan tanpa kendali, hal tersebut bisa berakhir pada kerugian.

Pengelolaan teknologi diharapkan bisa menjadi cara untuk semakin meningkatkan kemakmuran hidup manusia. Bukan malah sebaliknya, teknologi tidak pernah diharapkan sebagai alat perusak atau penghancur generasi. Maka dari itu, dalam penerapannya harus memperhatikan konsep secara jelas serta tetap berpegang teguh pada tujuan utamanya. Jangan sampai otak manusia yang lebih cerdas malah akhirnya dikendalikan oleh teknologi yang bisa semakin pintar.

Memanfaatkan teknologi yang ada sekarang menjadi hak semua orang, tanpa terkecuali. Akan tetapi tetap lebih baik jika pemanfaatannya disertai dengan ilmu manajemen yang benar. Manajemen teknologi membantu manusia untuk bisa menggunakan teknologi secara lebih bijak untuk hasil bagus yang bisa dirasakna secara meluas. Teknologi tidak pernah diharapkan menjadi penguasa bahkan bisa menyingkirkan akal sehat.

This entry was posted in News. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *