Mengenal Komputer Terkecil di Dunia, Tidak Lebih Besar dari Sebutir Garam

komputer terkecil di dunia

Mengenal Komputer Terkecil di Dunia, Tidak Lebih Besar dari Sebutir Garam – Teknologi yang hadir dalam bentuk alat-alat dapat menjadi penolong bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah komputer yang sudah menjadi bagian dari keseharian selama ratusan tahun. Pada awal kemunculannya, komputer merupakan sebuah alat atau mesin hitung dan fungsi itu berjalan selama bertahun-tahun.

Berkembangnya zaman membuat teknologi komputer juga turut berkembang. Tidak lagi hanya sebagai alat hitung, komputer yang lebih modern memiliki kemampuan mengolah data. Pengolahan data yang dilakukan komputer berdasarkan perintah dari bahasa pemrograman. Kemudian hasil pengolahan itu berupa informasi yang dapat digunakan manusia untuk kepentingan tertentu.

Generasi Komputer dari Masa ke Masa

Sebagai suatu alat yang dibuat untuk tujuan memudahkan pekerjaan manusia, fungsi komputer senantiasa dikembangkan dari waktu ke waktu. Generasi pertama komputer pada tahun 1946 memiliki komponen utama berupa tabung vakum. Berat 30 ton dan konsumsi listrik yang besar serta panas yang berlebihan membuat perangkat generasi pertama ini sangat tidak efisien. Kelemahannya terletak pada daya simpan yang kecil dan proses yang kurang cepat.

Generasi kedua muncul yaitu generasi komputer transistor dengan komponen utama yang lebih canggih. Ukurannya sudah lebih kecil dari generasi sebelumnya namun belum menjadi komputer terkecil di dunia seperti yang sekarang mulai dikenal. Generasi IC menjadi generasi komputer selanjutnya dengan kapasitas lebih besar. Komputer jenis ini juga sudah bisa mulai mengeluarkan suara.

Generasi microprocessor merupakan generasi komputer selanjutnya yang lahir bersama teknologi internet. Tampilan monitornya masih menggunakan satu tema warna, namun komputer jenis ini sudah menggunakan teknologi chip sebagai memori komputer. Para pakar juga berupaya menambahkan apa yang belum ada berupa PC compatible. Sehingga pada masa itu juga sudah mulai dikenal istilah PC.

Generasi AI merupakan generasi komputer terbaru di masa sekarang. AI atau artificial intelligence merupakan kecerdasan buatan yang membuat komputer semakin canggih dan modern. Dengan fungsi yang semakin luas seperti mampu menyesuaikan keadaan serta mengenali lingkungan sekitar, komputer ini disebut sebagai teknologi masa depan. Salah satunya wujudnya berupa world’s smallest computer.

Mengenal Komputer Paling Kecil di Dunia

Mendengar kata komputer pasti langsung terbayang sebuah perangkat elektronik dengan layar dan komponen lainnya. Selama ini perangkat komputer dikenal memiliki layar berukuran 14 inch. Selain itu, ada juga laptop yang merupakan bentuk praktis dari komputer dengan layar lebih tipis serta mudah dibawa. Laptop bisa menggunakan energi baterai sehingga tidak selalu membutuhkan saluran listrik seperti komputer.

Dari gambaran umum mengenai komputer seperti yang selama ini dikenal, pasti tidak banyak orang yang terbayang seperti apa komputer terkecil di dunia. Nyatanya komputer dengan ukuran sangat kecil dibanding ukuran umumnya memang ada. Komputer yang diproduksi oleh IBM itu memiliki ukuran 1×1 mm atau bahkan lebih kecil dari sebutir garam. Di balik ukurannya yang super mini, ternyata komputer terkecil itu sudah dibekali teknologi yang canggih.

Komputer Terkecil dengan Spesifikasi Menarik

Ukurannya yang sangat kecil tidak membuat komputer tersebut bisa diremehkan. Terdapat ratusan ribu transistor pada prosessor di perangkat super mikro tersebut. Komputer paling mini itu juga dibekali memori jenis SRAM serta sel photo-volcatic sebagai sumber dayanya. Untuk kebutuhan komunikasi, komputer ini mengandalkan LED dan photo detector.

Soal performa, ternyata komputer yang tidak lebih besar dari ujung jari ini sudah lumayan menjanjikan. IBM menyebutkan bahwa komputer tersebut memiliki performa yang setara dengan prosesor x86 pada tahun 1990. Prosesor tersebut sudah bisa memainkan game Doom versi pertama yang artinya komputer terkecil itu juga memiliki kemampuan yang sama.

Dengan ukuran yang tidak biasa, tentu saja komputer tersebut tidak akan difungsikan sebagaimana komputer lain pada umumnya. IBM menyampaikan bahwa produksi komputer berukuran sangat kecil itu akan digunakan untuk membantu proses supply chain management. Menariknya lagi, komputer tersebut berhasil memecahkan rekor sebagai chip komputer terkecil di dunia.

Melihat dari perkembangannya, komputer sebagai alat bantu kehidupan manusia selalu mengalami inovasi. Seperti yang terbaru sekarang ini yaitu hadirnya komputer terkecil di dunia atau world’s smallest computer yang memiliki spesifikasi mumpuni.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in News. Bookmark the permalink.

Comments are closed.