Categories: News

Mengenal Kepala Staf Teknis Chief Technical Officer dan Peranannya di Sebuah Perusahaan

Mengenal Kepala Staf Teknis Chief Technical Officer dan Peranannya di Sebuah Perusahaan – Jabatan apa yang biasanya Anda ketahui ada di sebuah perusahaan yang bertugas sebagai seorang pimpinan? Apakah hanya sekitar dirut atau direktur utama dan manajer? Ada banyak posisi penting yang membutuhkan tanggung jawab besar yang harus diisi orang yang kompeten dan berpengalaman di bidangnya. Salah satu posisi yang memerlukan tanggung jawab besar dan pengalaman itu adalah CTO.

Posisi seorang CTO di sebuah perusahaan itu sangat penting karena bisa mempengaruhi masa depan perusahaan tersebut. Mungkin ada beberapa perusahaan yang tidak memiliki CTO, terutama perusahaan yang masih dalam tahap merintis dan masih tetap bisa berjalan. Akan tetapi, jika CTO ada di perusahaan tersebut maka perusahaan bisa bergerak pada jalurnya dengan lebih baik.

Apa Itu CTO?

CTO merupakan kependekan dari chief technical officer yang posisinya setingkat dengan eksekutif di sebuah perusahaan atau tempat lainnya di mana pekerjaannya adalah terfokus pada penelitian dan teknologi pada suatu perusahaan atau organisasi. Posisi ini memegang jabatan tertinggi di bagian riset dan pengembangan atau departemen teknologi di mana setiap keputusannya akan dilaksanakan oleh CIO.

Kemampuan yang Harus Dimiliki Seorang CTO

Karena tanggung jawabnya yang besar, seorang kepala staf di bidang teknik ini harus memiliki kualifikasi yang tinggi. Meskipun secara umum, kemampuan yang harus dimiliki adalah di bidang komputer supaya setiap pekerjaan yang dilakukannya berjalan dengan maksimal. Terlepas dari persyaratan umum ini, ada beberapa persyaratan khusus dan cukup rinci yang harus dimiliki seorang CTO.

Seorang kepala staf teknis harus memiliki kemampuan yang baik dalam memahami hal teknis, bisnis perusahaan tempat ia bekerja, serta lingkungan secara umum. Seorang CTO juga harus memiliki landasan yang kokoh terkait teknologi yang diterapkan di perusahaan supaya mampu membuat perencanaan yang tepat untuk kemajuan dan masa depan perusahaan.

Oleh karenanya, seorang CTO harus memiliki kemampuan terkait perencanaan strategis, menguasai administrasi tingkat menengah atau lebih serta tahu dan menguasai tata cara perekrutan teknis. Lebih dari itu, memiliki kemampuan memimpin yang baik, pola pikir bisnis dan pengalaman di bidang tersebut akan mempermudah dalam melaksanakan tugas seorang CTO.

Peran dan Tugas Seorang CTO

Meskipun pada umumnya tugas seorang chief technical officer bisa berbeda tergantung pada ukuran perusahaan, industri yang dijalankan, model bisnis hingga jumlah pegawai atau karyawan, ada beberapa tugas dan peran seorang CTO yang pasti sama, terlepas dari perbedaan-perbedaan tersebut. Itu menjadi peran dan tanggung jawab umum seseorang yang berada di posisi tersebut.

Seorang CTO memeiliki peran dan tugas untuk mengembangkan aspek teknis dari strategi perusahaan dan memastikannya sejalan dengan tujuan bisnis tersebut. CTO juga berperan untuk menemukan dan menerapkan teknologi baru yang mampu menghasilkan keunggulan yang kompetitif, tentunya teknologi tersebut harus cocok dan sesuai dengan perusahaan tersebut.

Bukan hanya sekedar menemukan dan menerapkan teknologi baru saja, kepala staf teknik juga harus membantu semua departemen terkait menggunakan teknologi tersebut secara menguntungkan. Setelah teknologi diterapkan, kepala staf ini harus mengawasi sistem infrastruktur untuk memastikan fungsionalitas dan efisiensi dari teknologi tersebut.

Supaya tidak ada pencurian data dan kualitas terjaga, maka seorang CTO harus membangun proses quality assurance dan perlindungan data. Tidak semua teknologi atau temuan baru yang berhasil dikembangkan akan langsung sempurna dan sesuai dengan kebutuhan, oleh karena itu CTO harus mampu menggunakan feedback dari orang-orang berkepentingan mengenai perbaikan dan penyesuaian yang diperlukan.

Tugas dan peran terakhir dari CTO ini adalah untuk mengkomunikasikan strategi teknologi perusahaan kepada investor serta para mitra. Dengan begitu, mereka akan mempercayakan semua dana dan kerja sama di tangan perusahaan Anda dan tidak akan berpaling ke perusahaan lain. Peran CTO ini akan sangat membantu dalam menganalisa cost benefit dan juga ROI, serta meningkatkan pelayanan dan produk.

Apabila Anda ingin mencapai target menjadi seorang kepala staf teknis (Chief Technical Officer), perkaya diri dengan pengalaman dan pengetahuan. Pekerjaan berat seperti ini bisa menentukan masa depan sebuah perusahaan oleh karena itu tidak bisa dilakukan dengan main-main. Tentu saja, pengalaman kerja yang diperoleh harus sesuai dan sejalan dengan cita-cita Anda untuk mencapai posisi tersebut dan harus dilakukan dengan sungguh-sungguh.

admin

Recent Posts

Masa Depan Internet of Things (IoT) pada Smartphone

Masa Depan Internet of Things (IoT) pada Smartphone: Transformasi Menakjubkan Menuju Keterhubungan yang Lebih Luas.…

6 months ago

Pekerjaan Bidang Kecerdasan Buatan (AI) yang Dibutuhkan

Pada era digital yang terus berkembang Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence atau AI) telah menjadi salah…

6 months ago

Strategi Digital Marketing Sederhana untuk Usaha Kecil Menengah

Dalam era digital yang terus berkembang, memiliki strategi digital marketing yang efektif menjadi kunci keberhasilan…

6 months ago

Strategi dan Taktik untuk Kesuksesan Online Digital Marketing

Dalam era digital yang terus berkembang, Strategi dan Taktik untuk Kesuksesan Online telah menjadi kunci…

6 months ago

Tips Dan Strategi Belajar Digital Marketing Bagi Pemula

Digital Marketing adalah sebutan untuk cara pemasaran yang baru - baru ini muncul di Sosial…

2 years ago

10 Peluang Lowongan Kerja Yang Berhubungan Dengan Digital Marketing

Masyarakat memang tempat yang sangat keras apabila anda tidak punya penghasilan yang tetap dan juga…

2 years ago