Categories: Internet

Memex Deep Web Search Engine


Memex Deep Web Search Engine. Memex berasal dari kata “memory” dan “index”, atau “memory” dan “extender”, Vennevar Bush memberikan nama ini untuk sebuah sistem proto hypertext pada tahun 1945 di The Atlantic Monthly Article berjudul “As We May Think“. Vennevar Bush adalah seorang amerika yang merupakan insinyur dan ilmuwan. Bush dikenal memilik prestasi di bidang komputansi analog, dan idenya tentang “Memex” merupakan sebuah awal konsep teknologi WWW.
As We May Think adalah sebuah artikel yang ditulis oleh Bush dan dipublikasikan pertama kali di The Atlantic Monthly di Bulan Juli 1945.

Memex Deep Web Search Engine ?

Dalam artikelnya Bush menjelaskan Memex adalah sebuah perangkat electromechanical yang memudahkan atau membantu seseorang untuk mengembangkan dan membaca isi dari research perpustakaan, membuat dan mencari asosiasi link dan penjelasan pribadi, dan ini juga memungkinkan peneliti untuk berbagi dengan peneliti lainnya.
Pada awal 2014, DARPA atau Defense Advanced Research Projects Agency adalah suatu agency di US yang bertanggungjawab terhadap pengembangan teknologi baru untuk militer, mengeluarkan pernyataan tentang Program Memex yang dirancang sebagai bentuk mesin pencari terbaru. DARPA berencana menggunakan Memex sebagai mesin pencari yang dapat mencari lebih dalam dibanding mesin pencari komersial seperti Google, Bing dan Yahoo.

Kemampuan Memex Deep Web Search Engine
Memex dapat mencari data berupa text, gambar, dan juga koordinat lokasi yang diterjemahkan kedalam foto. Mesin ini juga dapat membaca angka pada suatu gambar, seperti nomor tulisan tangan di foto. Memex juga didesign untuk mengenali latar belakang foto secara independen, sehingga dapat mengidentifikasi gambar wanita berbeda dengan berbagai latar belakang yang sama.

Keberhasilan Memex Deep Web Search Engine
Sejak dirilis setahun yang lalu, Memex telah memiliki prestasi penting dalam penyelidikan perdagangan seks yang mana menghasilkan petunjuk dalam 20 penyelidikan dan telah digunakan dalam delapan penuntutan oleh divisi perdagangan seks. Dalam kasus lain kemampuan Memex untuk mencari jumlah tampilan posting sebuah iklan membantu dalam suatu kasus yang mengakibatkan hukuman pelaku selama 50 tahun di penjara.


Dana Project Memex Deep Web Search Engine
Pencipta Memex Search Engine adalah Christopher White, merupakan seorang insinyur elektro Harvard yang menjalankan proyek-proyek besar-data untuk Defense Advanced Research Projects Agency, atau DARPA yang mana mengalokasikan dana antara $ US10 juta dan $ US20 juta dalam proyek Memex.
Memex merupakan bagian dari gelombang perangkat lunak yang memvisualisasikan dan mengatur pasang naik informasi secara online. Dr White mengatakan ia ingin Memex dapat digunakan oleh siapa saja karena wajib pajak membayar project itu.
Di antara alat yang digunakan oleh lembaga penegak hukum, Memex akan bersaing dengan software dari Giant Oak, Decision Lens and Centrifuge Systems. Pemimpinnya adalah Palantir Technologies, dengan biaya $ US10 juta sampai $ US100 juta per instalasi.


Siapa Christopher White ?
Christopher White adalah program manager di Defence Advance Research Projects Agency (DARPA) yang memimpin proyek Memex, sebuah mesin pencari untuk Dark Web. Mesin pencari ini bisa mengindeks informasi dari berbagai sumber di internet yang tak terindex oleh mesin pencari komersial seperti Google, Bing dan Yahoo.
Sebelum membuat Project Memex, White adalah orang yang membuat dan menjalankan proyek DARPA lain yaitu XDATA, yang merupakan bagian dari inisiatif Big Data yang di dukung oleh president Barrack Obama.
White juga adalah pembuat Open Catalog yang mana adalah sebuah alat yang bisa mengorganisir dan memfasilitasi akses ke aplikasi dan publikasi open source yang didanai oleh pemerintah AS. White juga pernah menjadi staf khusus komandan NATO International Security Assistance Force. White juga adalah bekas bos DARPA di Afghanistan.
White juga pernah mendapat penghargaan dari Leon Panetta, yang saat itu menjabat sebagai Menhan AS. Atas jasa-jasanya sebagai staf pendukung di medan perang, White dianugerahi Joint Meritorious Unit Award.

admin

Recent Posts

Masa Depan Internet of Things (IoT) pada Smartphone

Masa Depan Internet of Things (IoT) pada Smartphone: Transformasi Menakjubkan Menuju Keterhubungan yang Lebih Luas.…

6 months ago

Pekerjaan Bidang Kecerdasan Buatan (AI) yang Dibutuhkan

Pada era digital yang terus berkembang Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence atau AI) telah menjadi salah…

6 months ago

Strategi Digital Marketing Sederhana untuk Usaha Kecil Menengah

Dalam era digital yang terus berkembang, memiliki strategi digital marketing yang efektif menjadi kunci keberhasilan…

6 months ago

Strategi dan Taktik untuk Kesuksesan Online Digital Marketing

Dalam era digital yang terus berkembang, Strategi dan Taktik untuk Kesuksesan Online telah menjadi kunci…

6 months ago

Tips Dan Strategi Belajar Digital Marketing Bagi Pemula

Digital Marketing adalah sebutan untuk cara pemasaran yang baru - baru ini muncul di Sosial…

2 years ago

10 Peluang Lowongan Kerja Yang Berhubungan Dengan Digital Marketing

Masyarakat memang tempat yang sangat keras apabila anda tidak punya penghasilan yang tetap dan juga…

2 years ago