Inovasi Kereta Api Di Indonesia

Inovasi Kereta Api Di Indonesia

Mari kita kesampingkan dahulu keinginan untuk kita mambanding-bandingkan Inovasi kereta api di Indonesia dengan bermacam inovasi kereta yang ada di belahan dunia lain di dunia. Mungkin anda tercengang dengan beberapa kemajuan dan fitur kereta api tercepat di dataran Asia lain seperti Shinkansen di Jepang, Harmony CRH di China, Maglev di Shanghai dan lainnya. Ataupun anda masih mencibir tentang perkembangan perkeretaapian di Indonesia yang terlihat biasa-biasa saja dan terbelakang. Disaat negara-negara lain sudah menciptakan kereta api yang sanggup berjalan cepat atau kereta api yang lebih eco-friendly, negara kita masih berkutat pada penambahan armada untuk persiapan pulang kampung diwaktu hari raya, tetapi jangan berkecil hati dan kita perlu lebih berfikir positif akan hal itu.

Manajemen perkeretaapian di Indonesia memang belum melangkah lebih jauh pada tahap menciptakan Inovasi kereta api yang sanggup melaju dengan kecepatan tinggi saat diluncurkan, tetapi di Indonesia perkembangan perkeretaapian yang telah ada mulai dikerjakan dalam beberapa aspek penting yang memang jauh lebih penting dan perlu diutamakan dalam skala prioritas daripada menciptakan ciptaan model kereta api baru yang cepat atau terlihat futuristik. Bisa jadi memang inovasi seperti yang ada di negara Asia lain itu tidak cocok untuk Indonesia atau dinilai belum diperlukan. Kali ini kami akan membahas beberapa tajuk perkembangan perkeretaapian di Indonesia baik yang sudah berjalan maupun yang sedang direncanakan.

Perluasan Jaringan Rel Kereta Api

Innovasi kereta api tidak melulu tentang membuat ciptaan kereta api yang bisa berjalan cepat atau terlihat berkilau dari luar dan dalam, tetapi perkembangan kereta api mempunyai hubungan yang sangat erat dengan transportasi dan distribusi. Yang sangat kita ketahui adalah bahwa negara Indonesia merupakan negara yang terdiri dari ribuan pulau, terhitung dari beberapa survei yang menyatakan bahwa Kedaulatan Republik Indonesia mempunyai hampir 18.000 pulau, baik yang sudah bernama maupun belum bernama. Indonesia juga merupakan negara luas yang mempunyai banyak penduduk dan ras yang tersebar kesegala penjuru tanah air yang menurut sensus kependudukan mencapai lebih dari dua ratus lima puluh juta. Dengan dasar ini, maka inovasi atau perkembangan kereta api yang berskema perluasan jaringan rel ke seluruh Indonesia merupakan sebuah prioritas yang paling tinggi.

Menurut informasi yang ada Inovasi kereta api yang terencana dalam pengembangan dan perluasan jaringan rel kereta api ini memang sudah dicanangkan untuk target sampai tahun 2030. Tetapi dengan kepemimpinan presiden baru Indonesia yang dilantik pada tahun 2014 yang lalu, rencana perluasan ini dipercepat dalam target penyelesaian di tahun 2019. Infrastruktur untuk kereta api guna mempermudah akses dan distribusi keseluruh Indonesia merupakan inovasi yang sangat bagus bila dibandingkan dengan negara yang lain. Bayangkan saja seluruh Indonesia terhubung oleh jalur kereta api dan kesejahteraan masyarakat Indonesia akan dapat mencapai pemerataan.

Anda mungkin masih beranggapan bahwa Inovasi kereta api di Indonesia masih belum sehebat negara Asia lain, tetapi jika dilihat dari segi fungsi, perkembangan perkeretaapian di Indonesia terbilang mengagumkan. Sebut saja jepang, memang jepang mempunyai kereta tercepat di dunia yang disebut Shinkansen, tetapi memang Jepang merupakan negara dengan pulau kecil dan inovasi jenis ini memang cocok dan cepat bila dilakukan. Lain halnya dengan Indonesia yang merupakan negara yang besar dengan puluhan ribu pulau. Prioritasnya adalah pembangunan jaringan luas untuk pemerataan. Alangkah negatif dan picik pemikiran anda bila masih membanding-bandingkan negara dan kepentingan kita dengan negara lain.

Innovasi kereta api yang mulai dibangun antar pulau ini mulai berkembang pesat mulai dari koridor-koridor pulau utama seperti Sumatera, kalimantan, Sulawesi dan lain sebagainya yang dilansir mencapai lebih dari tiga ribu lima ratus kilometer. Dalam beberapa berita juga dikutip bahwa pembangunan rel kereta api ini akan memulai proyek pengerjaannya sampai kepulauan Irian Jaya di tahun yang akan datang. Selain antar pulau, di Indonesia, perkeretaapian juga dikembangkan secara pesat di dalam kota-kota besar seperti proyek MRT dan lain sebagainya.

Inovasi Kereta Api Di Indonesia

Inovasi Perkeretaapian Indonesia dalam hal pelayanan dan akses

Aspek lain yang bisa kita temui dalam Inovasi kereta api di Indonesia adalah perkembangan dari segi pelayanan. Jika anda memang pernah atau sering bepergian dengan kereta api beberapa tahun silam sampai sekarang, maka dewasa ini anda akan banyak menemukan fasilitas penunjang yang bertambah baik dari tahun ke-tahun. Terlebih lagi dalam hal pelayanan.

Beberapa tahun yang lalu, anda perlu mengantri atau datang lebih pagi untuk cepat mendapatkan tiket kereta api karena selalu ada antrian panjang untuk membelinya. Tetapi sekarang tiket kereta bisa didapatkan dimana saja dengan mudah. Dan baru-baru ini manajemen kereta api mulai menginovasi self ticket printing yang membuat anda bisa mencetak tiket anda sendiri di stasiun. Praktis dan simple! Itulah kira-kira beberapa Inovasi kereta api di Indonesia.

Inovasi kereta api tidak melulu dilihat dari bagaimana perkembangan dan seperti apakah armada kereta api yang ada, tetapi bisa juga dilihat dari sisi yang lain seperti infrastruktur dan pelayanan.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Technology and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.