Bagaimana Cara Menggunakan Termometer Digital Melalui Mulut/Dubur/Ketiak?

Bagaimana Cara Menggunakan Termometer Digital Melalui Mulut/Dubur/Ketiak?
Bagaimana Cara Menggunakan Termometer Digital Melalui Mulut/Dubur/Ketiak
Demam ringan umumnya memiliki manfaat sebagai bentuk dari pertahanan tubuh terhadap infeksi. Ada begitu banyak mikroorganisme yang menyebabkan penyakit yang berkembang dengan sangat cepat dalam rentah suhu rendah maka dari itu demam ringan berfungsi sebagai pencegah pathogen berkembang biak. Lantas bagaimana bila demam Anda tinggi sekitar 39.4 derajat Celcius atau bahkan lebih? demam tinggi berpotensi berbahaya jadi harus dipantau dengan memakai thermometer. Ada banyak model dan jenis thermometer berdasarkan cara penggunaannya di area tubuh berbeda. Salah satu jenis thermometer yang banyak dipakai sekarang adalah thermometer digital.

Bagaimana Cara Menggunakan Termometer Digital Melalui Mulut/Dubur/Ketiak

?.

Termometer Digital Melalui Mulut

Mulut atau rongga mulut merupakan lokasi dari pengukuran suhu tubuh yang bisa diandalkan apabila termometer digital ditempatkan jauh tepatnya di bawah belakang lidah. Cara mengukur suhu tubuh melalui mulut dengan menggunakan termometer digital adalah dengan mengambil termometer digital lalu menyalakannya kemudian masukkanlah ujung logam termometer dalam pembungkus plastik satu kali pakai yang masih baru baru tempatkan termometer secara hati-hati di bawah lidah lebih baik bila sejauh mungkin ke belakang mulut, lantas tutup bibir Anda perlahan-lahan sambil terus menahan termometer agar berada dalam posisi yang sama, tunggu selama beberapa saat hingga termometer berbunyi dan menunjukkan hasil pengukuran suhu tubuh. Pengukuran ini akan menghabiskan waktu bebreapa menit, maka dari itu, usahakanlah untuk bernapas dari hidung selama menunggu.

Termometer Digital Melalui Dubur

Bagaimana cara menggunakan termometer digital melalui dubur?. Pengukuran melalui dubur ini dianjurkan dilakukan untuk balita maupun bayi yang baru saja lahir. Meskipun pengukuran ini juga akurat untuk orang dewasa, namun banyak orang dewasa yang tidak melakukannya karena merasa tidak nyaman. Sebelum menggunakan termometer digital ke dalam dubur, pastikan jika Anda sudah melumasinya dengan memakai jeli yang bisa larut dalam air atau gunakan saja petroleum jelly. Pelumasan ini biasanya diberikan pada pembungkus termometernya yang fungsinya untuk memudahkan Anda dalam memasukkan termometer serta memberikan rasa nyaman. Buka area lubang dubur lalu masukkan ujung termometernya tidak lebih dari 1.25 sentimeter dalam dubur. Jangan sekali-kali Anda memaksakan termometer untuk masuk bila Anda menghadapi kesulitan. Tunggu selama satu atau beberapa menit hingga termomter bunyi baru keluarkan termometer dari dubur secara perlahan-lahan.

Termometer Digital Melalui Bawah Lengan

Aksila atau ketiak adalah salah satu area pengukuran tubuh yang dianggap cukup akurat, meskipun hasilnya tidak lebih akurat dari pengukuran yang dilakukan di dubur, mulut atau telinga. Setelah selesai memasang pembungkus di bagian ujung termometer digitalnya, pastikan jika ketiak Anda berada dalam kondisi yang kering sebelum dipasang. Tempatkan ujung termometer ke bagian tengah ketiak lalu pastikan jika lengan Anda mengapit dengan tubuh sehingga termometer dapat menangkap suhu tubuh dengan baik. Tunggu beberapa menit atau hingga termometer berbunyi. Jika ingin menggunakan termometer digital melalui bawah lengan, pastikan jika Anda melakukan pengukuran di kedua bawah lengan, baik kiri dan kanan, lalu hitung hasil rata-ratanya untuk mendapatkan hasil pengukuran suhu yang lebih akurat.

Itulah penjelasan singkat mengenai Bagaimana cara menggunakan Termometer Digital , dimana melalui tiga area tubuh, mulai dari mulut, dubur hingga bawah lengan/ketiak. Anda yang ingin melakukan pengukuran suhu tubuh anak atau anggota keluarga lain yang sedang sakit, bisa mencoba satu dari tiga cara di atas. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

 

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Guide and tagged . Bookmark the permalink.

Comments are closed.