Tips Memilih HT/Handy Talky Berkualitas Sesuai Kebutuhan

tips memilih ht_3

HT atau Handy Talky merupakan salah satu alat komunikasi radio yang masih digunakan di zaman modern. Seiring berkembangnya teknologi HT semakin banyak jenisnya dan semakin canggih. Handy Talky ini sering kali digunakan untuk berkomunikasi oleh para pekerja yang membutuhkan koordinasi tim seperti pekerja bangunan, satpam, dan jenis pekerjaan lainnya. Tips memilih HT atau Handy Talky ini akan memberikan sedikit gambaran bagaimana cara memilih HT yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan. Banyak sekali jenis HT yang ada di pasaran tapi tentu saja mempunyai keunggulan tersendiri sesuai dengan spesifikasi yang ada di dalamnya,

Untuk Anda yang sedang mencari HT atau Handy Talky untuk keperluan pekerjaan atau yang lainnya bisa ikuti beberapa tips memilih HT berikut ini.

  1. Tentukan frekuensi yang dibutuhkan

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih HT adalah frekuensi yang dibutuhkan. Ada dua jenis frekuensi yaitu UHF dan VHF. Keduanya sangat berbeda dan tidak saling terkait, artinya frekuensi ini berbeda-beda. Namun sekarang sudah ada HT dual band yang bisa digunakan untuk frekuensi UHF dan VHF.

  1. Sesuaikan dengan lokasi penggunaan

Tips memilih HT yang selanjutnya yaitu sesuaikan dengan tempat yang akan digunakan. Apakah HT akan digunakan hanya lingkup kecil saja atau dalam lingkup yang besar. Hal ini sangat menentukan Anda dalam memilih HT yang sesuai dengan kebutuhan. Ada HT yang bisa menembus tembok dan ada juga yang hanya menjangkau di luar ruangan saja.

  1. Perhatikan Power jangkauan

Power jangkau dari HT sangat ditentukan oleh antena HT sendiri. Tips memilih antena HT ini harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ada HT dengan antena kecil yang hanya mencakup lingkup kecil saja, ada pula HT dengan antena yang bisa menjangkau cukup luas. Jadi Power jangkauan HT sangat dipengaruhi oleh antenanya.

  1. Lihat fitur yang ada

Memilih HT sebaiknya perhatikan fitur yang ada di dalamnya. Fitur ini akan sangat membantu Anda dalam menggunakan HT sesuai dengan kebutuhan Anda. Cek semua fitur yang ada di dalamnya agar Anda bisa menggunakan HT dengan maksimal dan nyaman.

  1. Pilih yang anti air

Tips memilih radio HT yang perlu diperhatikan adalah pilih yang anti air atau water proof. HT jenis ini sangat cocok untuk digunakan dalam pekerjaan ruangan terutama ketika di laut. HT yang anti air tidak akan mudah rusak hanya karena terkena air sedikit saja.

  1. Pilih yang bergaransi

Tips memilih HT yang terakhir adalah pilih yang bergaransi. Garansi adalah hal wajib yang harus Anda perhatikan. HT yang bergaransi berarti menjamin kualitasnya bisa dipercaya. Selain itu, dengan adanya garansi Anda akan merasa aman ketika terjadi kerusakan.

Membeli HT ini memang tidaklah mudah, apalagi jika akan digunakan untuk kepentingan pekerjaan harus dipilih yang memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Selain beberapa tips diatas, ada satu hal yang harus diperhatikan lagi yaitu sesuaikan dengan budget yang sudah disiapkan. Biaya yang dikeluarkan untuk membeli HT ini harus dipertimbangkan, tidak perlu yang mahal jika memang spesifikasinya sesuai dan berkualitas bagus maka harga tidak perlu terlalu dihiraukan. Dengan berbagai tips memilih HT ini tentu akan menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih HT untuk keperluan pekerjaan ataupun yang lainnya. Jangan sampai Anda salah pilih dan akhirnya menjadi kecewa.

This entry was posted in Gadget and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *