Teknologi Rumah Pintar Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Anda

teknologi rumah pintar untuk meningkatkan kualitas hidup anda

Sebagai kebutuhan dasar manusia, rumah mendapatkan semakin banyak perhatian dari penggiat teknologi. Ini terlihat dari begitu banyaknya pilihan perangkat yang bisa dipergunakan untuk membuat rumah semakin aman dan nyaman. Lalu, inovasi produk seperti apa saja yang akan hadir untuk melengkapi rumah? Berikut ini beberapa teknologi rumah pintar untuk meningkatkan kualitas hidup anda:

Pengaturan otomatis

Sekarang sudah ada teknologi yang memungkinkan kita untuk menghidupkan lampu, membuka-tutup gorden, dan melakukan tugas lainnya secara otomatis. Pengembangan teknologi seperti ini akan semakin baik ke depannya. Tidak hanya ponsel saja yang mengusung konsep pintar, tapi rumah pun bisa menjadi rumah pintar dengan modifikasi seperti ini.

Bisa dibayangkan betapa mudahnya hidup jika rumah mempersiapkan sarapan pagi secara otomatis? Anda tidak perlu lagi repot bangun lebih awal untuk mempersiapkannya. Cukup atur timer sesuai dengan kebutuhan, makanan akan siap dengan sendirinya. Perangkat seperti ini sudah ada di pasaran, tapi masih perlu pengembangan lebih lanjut.

Garasi otomatis

Membuka garasi sebenarnya bukan pekerjaan yang merepotkan, tapi akan lebih nyaman lagi jika kita tidak perlu keluar mobil untuk membukanya. Dengan konsep garansi pintar, anda bisa membukanya dengan Smartphone. Disini smartphone bertindak sebagai kunci cadangan. Anda tidak perlu lagi memasukkan kunci secara manual. Cukup lakukan pengaturan pada Smartphone, pintu garasi akan terbuka dengan sendirinya dan mobil siap untuk dimasukkan.

Lampu otomatis

Sekarang sudah ada teknologi lampu yang kecerahannya bisa diatur secara otomatis. Salah satu vendor yang sudah memperkenalkan inovasi ini adalah Philips. Lampu otomatis tersebut bisa menurunkan intensitas cahaya pada pagi hari, sehingga anda bisa bangun tanpa merasa silau. Konsep serupa sebenarnya sudah ada pada Smartphone. Tapi jika anda ingin mengaplikasikannya pada rumah, teknologi ini adalah jawabannya.

Kulkas pintar

Fungsi kulkas adalah untuk menyimpan makanan agar awet. Tapi ke depannya alat ini kemungkinan juga bisa mengakomodasi fungsi lainnya. Misalnya saja, kulkas akan dilengkapi dengan fitur layar sentuh. Dari sana anda bisa mendapatkan informasi tentangĀ  makanan yang tersimpan di dalam kulkas. Anda bahkan bisa memakainya untuk melihat prakiraan cuaca dan menampilkan informasi resep. Terkadang kita bingung untuk memasak menu karena persediaan makanan di kulkas terbatas. Tapi dengan teknologi seperti ini, bahan makanan yang terbatas tetap bisa diolah menjadi sesuatu.

Themostat pintar

Setiap orang punya preferensi yang berbeda soal suhu ruangan. Thermostat pintar bisa membantu mengingat pengaturan favorit dan membuat suhu rumah terasa nyaman sepanjang hari. Alat ini tidak hanya bisa mengatur suhu ketika anda berada di dalam rumah, tapi juga bisa mati otomatis jika anda sedang tidak berada di rumah.

Dengan begitu, tidak ada energi yang terbuang sia-sia. Ongkos listrik juga akan menjadi lebih hemat. Perangkat bisa mengingat kapan biasanya anda pulang, sehingga ia akan mempersiapkan suhu favorit beberapa menit sebelum kedatangan anda. Intinya, sebagai pemilik rumah anda tidak perlu repot-repot memikirkan kapan harus menghidupan dan mematikan penghangat ruangan. Biarkan alat bekerja untuk anda, ide yang keren, bukan?

Kasur pintar

Konsep teknologi pintar juga bisa diterapkan saat anda sedang beristirahat. Sensor bisa ditambahkan ke dalam kasur untuk memonitor kondisi anda saat tidur, seperti detak jantung, pula pernafasan, gerakan, dll. Kemudian alat tersebut juga bisa merekam suara yang masuk dalam ruangan serta suhu. Data yang dikumpulkan bisa menjadi petunjuk jika anda mengalami masalah tidur setiap malamnya. Mungkin ruangan terlalu dingin pada malam hari, atau mungkin anda tidur dengan posisi yang tidak nyaman sehingga mendengkur. Itu tadi beberapa teknologi rumah pintar untuk meningkatkan kualitas hidup anda.

This entry was posted in Technology and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *