Teknologi Pemanfaatan Energi Matahari

Sekecil apapun inovasi teknologi yang berhasil dikembangkan, pasti berdampak besar bagi manusia. Maka dari itu, kita harus pintar-pintar mengapresiasi hasil temuan tersebut sebab manfaatnya tidak hanya dirasakan sendiri, tapi juga oleh lingkungan. Pemanfaatan tenaga surya merupakan salah satu inovasi yang menjadi pusat perhatian dalam beberapa tahun terakhir.

Energi alternatif ini telah dipergunakan oleh banyak rumah tangga untuk mensuplai kebutuhan listrik mereka. Bahkan lembaga pemerintahan dan komersil juga sudah mulai beralih ke energi ini karena ada banyak manfaat yang ditawarkan. Bersamaan dengan hadirnya panel solar, semakin banyak perangkat lain berbasis solar dibuat. Apa saja itu? Berikut ini adalah contoh teknologi pemanfaatan energi matahari.

Teknologi pemanfaatan energi matahari
image source: pennenergy.com

Backpack solar

Dari luar saja sudah terlihat bahwa backpack ini memiliki instalasi panel surya. Lalu, apa kegunaannya? Backpack dengan desain seperti ini akan sangat membantu ketika anda bepergian ke lokasi yang jauh dari suplai listrik. Meski ukuran panel tidak terlalu besar, tapi cukup untuk mengirimkan arus listrik ke berbagai perangkat, seperti Smartphone, MP3 player, dll. Backpack ini dirancang bagi mereka yang suka hicking atau trekking ke tempat terpencil dimana ketersediaan listrik sangat minim.

Kapal boat bertenaga matahari

Aplikasi tenaga surya untuk kendaraan adalah hal yang relatif baru. Selama ini kita sudah terbiasa dengan kendaraan yang memakai bahan bakar fosil atau listrik. Nah, bagi anda yang ingin secara langsung berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan, tidak ada salahnya mengenal lebih jauh soal kapal boat bernama Turanor Planetsolar ini. Kapal ini hidup sepenuhnya dari energi matahari. Tentu saja konstruksinya berbeda dari yang lain. Di atasnya terdapat panel surya dengan luas mencapai 537 m2, sehingga proses konversi sinar matahari menjadi lebih maksimal.

Solar kitchen portable

Alat ini bisa dipakai untuk memasak dengan energi matahari. Ketika sinar matahari sedang terik, alat ini akan bekerja dengan maksimal. Dibandingkan dengan kompor gas, alat masak ini memang boros soal waktu / perlu waktu lama untuk memasak, tapi tidak ada emisi sama sekali. Prinsip kerja alat ini adalah dengan mengumpulkan panas dari sinar matahari, lalu memakainya untuk memasak. Pemanfaatan tenaga surya secara umum ada 2 macam, yaitu dikonversi menjadi listrik dan dipakai secara langsung sebagai pemanas.

Teknologi pemanfaatan energi matahari 2
image source: solarcookingadventures.wordpress.com

Parabola solar

Sekilas alat ini terlihat seperti parabola yang dipasang di atap rumah, tapi tidak ada kaitannya dengan transmisi sinyal sama sekali. Alat ini dibentuk seperti parabola agar bisa memfokuskan cahaya matahari yang menimpa permukaannya. Cahaya yang fokus tersebut punya energi besar, sehingga mampu memanaskan alat masak dengan lebih cepat.

Oven bertenaga surya

Oven juga termasuk alat dapur yang hampir semua orang miliki sebab fungsinya sangat vital untuk memasak dan menghangatkan makanan. Oven seperti kebanyakan alat elektronik lain memakai listrik sebagai sumber dayanya. Nah, untuk versi yang satu ini, kebutuhan akan listrik digantikan dengan panel surya. Prosesnya jauh lebih ramah lingkungan. Listrik yang masuk ke rumah kita biasanya berasal dari pembakaran bahan bakar fosil, sehingga punya dampak lingkungan yang besar. Alat ini dirancang untuk mereka yang ingin berpartisipasi dalam kampanye ‘Go Green’. Tapi masyarakat yang tinggal di wilayah terpencil dimana juga bisa menggunakannya.

Smartphone solar

Smartphone yang beroperasi dengan tenaga surya merupakan konsep yang cukup baru. Kebanyakan dari kita masih nyaman dengan handset yang beroperasi memakai listrik. Perlu diketahui, beberapa perusahaan seperti Samsung, Sharp, dan ZTE punya ketertarikan untuk mengembangkan konsep ini. Sama seperti gadget lainnya, Smartphone akan terintegrasi dengan panel surya sehingga isi ulang baterai bisa dilakukan secara otomatis asalkan cuaca mendukung / sinar matahari tersedia. Itu tadi contoh teknologi pemanfaatan energi matahari.

This entry was posted in Technology and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *