Promosi Aplikasi Secara Gratis

Promosi Aplikasi Secara Gratis

Aplikasi bisa menjadi salah satu media untuk mempromosikan produk dan layanan anda. Aplikasi sangat disukai pengguna perangkat mobile. Coba saja buka Google Play Store, disana anda akan melihat deretan aplikasi baik yang dibuat oleh developer ternama maupun personal. Jika anda bisa membuat aplikasi yang disukai oleh banyak orang, tidak hanya anda bisa meningkatkan brand awareness dari usaha yang dijalankan, tapi anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan lewat program periklanan.

Tantangannya disini bukan hanya membuat aplikasi yang berguna, tapi juga mempopulerkannya. Tentu harus ada sederetan promosi agar aplikasi tersebut meraih audiens yang lebih luas. Tidak mudah untuk unjuk gigi sebab ada jutaan aplikasi di Play Store. Tapi perlu digarisbawahi, takaran kesuksesan tidak hanya soal seberapa banyak sebuah aplikasi diunduh, tapi seberapa aktif user dalam menggunakannya. Kali ini kami ingin berbagi tips promosi aplikasi secara gratis.

Jadi developer di App Store dan Play Store

Opsi ini memang tidak sepenuhnya gratis. Anda perlu membayar untuk menjadi developer, tapi biayanya tidak begitu mahal. Setelah memiliki akun developer, anda punya kebebasan untuk mengembangkan aplikasi. Ada beberapa pengaturan yang perlu dilakukan sebelum mem-publish aplikasi. Ini tujuannya adalah agar orang lebih mudah menemukan aplikasi anda melalui fitur pencarian.

Yang pertama, pilihlah keyword yang relevan. Anda boleh saja menulis nama aplikasi, tapi bubuhkan juga keyword tambahan kalau masih muat. Selain bisa memperbaiki ranking dalam pencarian, ini juga bisa meyakinkan user Smartphone untuk menginstal aplikasi tersebut. Jika anda hanya menulis nama aplikasi, kemungkinan orang enggan mengunduh apalagi jika aplikasi tersebut belum terlalu populer. Jangan lupa tambahkan thumbnail agar mereka tahu user interface dari aplikasi.

Buat landing page

Landing page juga perlu dibuat untuk memperkenalkan aplikasi kepada khalayak. Pada landing page, anda membahas segala hal tentang aplikasi tersebut, mulai dari fitur, layout, cara pemakaian, dsb. Semakin spesifik, semakin bagus agar pengguna punya gambaran yang jelas sebelum mereka menginstalnya pada perangkat yang dimiliki. Bahkan kalau perlu tambahkan video tutorial tentang cara memakai fitur-fitur di dalam aplikasi. Buat juga screenshot dengan foto Smartphone yang sedang menjalankan aplikasi tersebut. Ini akan memberikan gambaran kepada pengguna seperti apa tampilan aplikasi jika sedang dibuka lewat Smartphone.

Meminta review

Anda juga bisa meningkatkan popularitas aplikasi dengan meminta review dari orang lain. Jika anda merasa yakin dengan kualitas aplikasi yang dibuat, biarkan orang mencobanya secara gratis. Ini akan mendorong user lain untuk menggunakan aplikasi anda. Kebanyakan dari kita menganggap rating sebagai hal yang penting. Jika aplikasi punya rating di bawah 2, kita pasti akan pikir-pikir lagi untuk menginstalnya. Tapi jika ratingnya 3 ke atas, kita akan punya kepercayaan lebih terhadap aplikasi tersebut. Kumpulkan review dari pengguna, lihat bagaimana feedback-nya. Jika kebanyakan positif, itu artinya mereka mengapresiasi baik aplikasi anda. Tapi jika banyak yang negatif, mungkin ada beberapa bagian yang perlu diperbaiki.

Cantumkan link download pada website

Jika anda sudah resmi memposting aplikasi pada Play Store, cantumkan saja link tersebut di website pribadi. Tujuannya adalah agar orang yang sudah membaca review tidak kerepotan mencari link download dari aplikasi bersangkutan. Jika ingin memakai icon gambar ‘download’, pakai yang ukurannya agak besar dan tempatkan di tengah-tengah halaman. Ini agar pembaca lebih mudah melihatnya. Link yang berisi gambar biasanya terlihat lebih mencolok dibandingkan dengan link yang memakai tulisan. Anda juga bisa mempromosikan aplikasi tersebut di blog-blog teknologi. Jika mereka mengulas aplikasi anda, bisa dibayangkan berapa banyak pengguna baru yang bisa didapatkan. Itu tadi tips promosi aplikasi secara gratis.

This entry was posted in Internet and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *