Pertumbuhan Cloud Computing di Indonesia

Pertumbuhan Cloud Computing di Indonesia berdasarkan peringkat cloudscorecard 2013, ranking cloud computing di dunia berdasarkan Policy Environment, Indonesia berada pada Top 21, yang mana peringkat pertama ditempati oleh Jepang.
Apakah Cloud computing berkembang di Indonesia?

Pertumbuhan Cloud Computing di Indonesia, 2013 BSA Global Cloud Computing Score Card

Pertumbuhan Cloud Computing di Indonesia

Apa yang membuat Jepang menjadi peringkat pertama ?.
Ternyata Jepang memiliki banyak keunggulan, yaitu;
1. Jepang memiliki rangkaian hukum modern yang lengkap yang mendukung dan memfasilitasi ekonomi dan cloud computing digital.
2. Jepang meratifikasi Konvensi Cybercrime pada tahun 2012, menetapkan contoh positif bagi negara-negara lain.
3. Jepang juga memiliki undang-undang privasi yang komprehensif di negaranya, serta undang-undang kekayaan intelektual yang mencakup berbagai macam perlindungan yang relevan dengan cloud computing.
4. Jepang sangat aktif dalam pengembangan standar internasional.
5. Penetrasi broadband di Jepang sudah sangat tinggi. Pemerintah telah berkomitmen untuk memastikan bahwa pada tahun 2015, semua rumah tangga akan memiliki kecepatan tinggi sangat koneksi serat broadband.

Untuk kecepatan internet negara mana yang lebih baik?
Kita lihat data Akamai-The State of The Internet di quarter ke-3 tahun 2014 berdasarkan rata-rata kecepatan, Korea Selatan menempati peringkat pertama dengan 25.3 Mbps, diikuti Hongkong 16.3 Mbps, dan Japan 15mbps.
Untuk Peak koneksi internet dunia dengan memakai sumber data yang sama, ternyata Hong kong memiliki peak yang tertinggi 84.6Mbps, di ikuti Singapore 83Mbps, dan Korea Selatan 74.2 Mbps.
Dimana posisi Indonesia ?, mohon maaf dari 10 besar saya gak melihat ada Indonesia.
Pertumbuhan Cloud Computing di Indonesia, Koneksi Internet di DuniaSource : akamai – State of The Internet Report

Menurut sebuah artikel IT Pro Portal, salah satu hal yang mendorong adopsi komputasi awan atau cloud computing dalam sebuah organisasi adalah Generasi Y. Generasi Y ini mempengaruhi perusahaan untuk menggunakan teknologi awan sebagai kebutuhan. sumber : Source : Generation Y Demand Cloud Computing

Pertumbuhan Cloud Computing di Indonesia
Oke sekarang kita kembali tentang Indonesia, berdasarkan tulisan di detik pada tahun 2013. Direktur Marketing & Operasional Microsoft Indonesia, Bernard Saisse menyatakan pertumbuhan layanan cloud computing sangat luar biasa di Indonesia, yang mana diprediksi akan ada 915 ribu jenis pekerjaan baru yang berhubungan dengan cloud computing sampai tahun 2015.

Dari sumber swa tahun 2014 menyatakan Frost and Sulivan menyatakan lebih dari US$ 120 juta di tahun 2017 pertumbuhan pasar komputasi awan atau cloud computing di Indonesia atau pertumbuhan Cloud Computing di Indonesia. Tumbuh dan berkembang pesat di Indonesia karena kemudahan dalam implementasi sehingga cloud computing menjadi solusi.

Data dari Digital, Social and Mobile di 2015 didapat data tentang Indonesia sebagai berikut:
1. Indonesia memiliki 72.7 Million Active Internet user, ini adalah 28% populasi Indonesia.
2. 50% orang internet user Indonesia menggunakan mobile phone sebagai device untuk akses internet, 45% menggunakan laptop dan desktop, dan 4% menggunakan tablet.
3. Data kunjungan ke social platform; kunjungan facebook adalah yang terbesar 14%, di ikuti Whatsapp 12%, dan Twitter 11%.

Pertumbuhan Cloud Computing di Indonesia, User Digital in Indonesia 2015

Pertumbuhan Cloud Computing di Indonesia, Indonesia Share Web Traffic 2015

Pertumbuhan Cloud Computing di Indonesia, Top Social Platform 2015

Source : Digital Social Mobile 2015

Sekarang kita lihat data Frost & Sullivan 2012 yang dirilis tahun 2013 untuk Indonesia Cloud Computing market;
1. 95.4% untuk SAAS Market
2. 3.8% untuk IAAS Market
3. 0.7% untuk PAAS market

Pertumbuhan Cloud Computing di Indonesia, Indonesia Cloud Computing Share - Source Frost Sullivan

Source : The Rise of Cloud Computing in Indonesia

Ini menunjukkan penetrasi pasar di Indonesia lebih cendrung kepada SAAS (Software as a Service).

Berbagai kendala yang membuat adopsi cloud di Indonesia tergolong lambat menurut Presiden Direktur-PT Virtus Indonesia, Erwin Kuncoro, yaitu;
1. Keamanan
Di Indonesia data yang tersimpan dalam harware berbentuk fisik adalah lebih baik dibanding cloud computing.
2. Kecepatan internet
Kualitas jaringan internet yang baik belum merata dan masih terbatas di Indonesia. Cloud computing membutuhkan konektivitas jaringan internet yang kuat dan stabil.
3. Integrasi Sistem
Pengintegrasikannya dengan sistem komputasi konvensional yang sebelumnya diadopsi. Dan juga sumber daya manusia yang mengerti akan operasional cloud computing.
Source : Hambatan Bisnis Cloud di Indonesia

Penyedia Cloud Computing di Indonesia
Beberapa perusahaan penyedia layanan cloud computing di Indonesia, seperti; PT Aplikasinusa Lintasarta, PT Sigma Cipta Caraka (Telkom Sigma), PT Pasifik Satelit Nusantara, PT Astra Graphia Information Technology (AGIT), PT Infoprima Mitra Solusi, PT Menara Sinar Semesta, PT Biznet Networks, dan PT Telkom dengan Telkom Cloud-nya.

Dari data-data yang didapat kita dapat menyimpulkan kondisi teknologi cloud computing di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa hal yang significant. Dibagi 3 kategori, yaitu;
1. Technology
a. Indonesia memiliki banyak provider cloud computing banyak tumbuh di Indonesia. Berbagai fitur disediakan tergantung dari kebutuhan.
b. Kemampuan keamanan cloud computing masih dipertanyakan.

2. Environment
a. Dari sisi ini kita dapat melihat infrastucture yang ada saat ini di Indonesia, tidak meratanya internet speed di indonesia dan juga ketersedian jaringan internet juga masih belum bisa dijangkau di banyak daerah.
b. Pasar cloud computing Indonesia sangat menjanjikan
c. Indonesia tertinggal jauh untuk hal regulasi, hal ini harus di sadari bahwa Indonesia peringkat 21 dalam hal regulasi.

3. Organization
a. Indonesia masih kekurangan sumber daya manusia yang mengerti cloud computing di perusahaan.
b. Pengetahuan terhadap manfaat cloud computing masih kurang.
c. Pertimbangan besar kecilnya suatu perusahaan mempengaruhi pengambilan keputusan terhadap penggunaan teknologi cloud computing.
d. Tidak adanya kemauan untuk mengenal teknologi cloud computing juga mempengaruhi, saat ini pengguna cloud computing banyak berasal dari generasi Y.

Demikian pertumbuhan cloud computing yang ada di Indonesia saat ini, agar kiranya pemerintah dan swasta dapat bekerjasama lebih baik untuk mendukung penggunaan teknologi ini, yang mana juga sangat bermanfaat untuk UKM menuju kompetisi bisnis.

Semoga artikel Pertumbuhan Cloud Computing di Indonesia dapat bermanfaat :).

This entry was posted in Internet and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *