Mengenal Lebih Jauh Apa Itu 5G

Beberapa tahun terakhir kita sudah sering mendengar rumor seputar generasi 5G dan bagaimana teknologi ini akan diimplementasikan, tapi sepertinya baru di tahun ini 5G benar-benar akan terealisasi. Perusahaan ternama AT&T baru saja mengumumkan jika mereka sedang bersiap untuk memperkenalkan 5G kepada konsumen setia. Teknologi ini kemungkinan sudah bisa dinikmati pada penghujung tahun 2018. Perusahaan Verizon juga turut berpartisipasi. Bersama dengan Samsung, Verizon berniat untuk me-launching 5G di beberapa kota, seperti CA dan Sacramento. Operator seluler lain tidak mau kalah. Mereka berencana merealisasikan teknologi ini dalam 2 atau 3 tahun ke depan.

jaringan 5G 2
image source: communityvoiceks.com

Apa itu 5G?

Jika anda mengikuti perkembangan jaringan seluler mulai dari 2G hingga 4G, seharusnya anda tidak asing dengan istilah yang satu ini. Iya, 5G merupakan penerus dari 4G yang sudah ada beberapa tahun terakhir. Standar formal diperkenalkan pada Desember tahun lalu terkait spesifikasi untuk jaringan baru ini. Dari segi performa, sudah bisa dipastikan 5G akan bekerja lebih baik ketimbang generasi pendahulunya, terutama dari segi kecepatan akses.

Sebenarnya kecepatan download dan upload 4G sudah tergolong tinggi, tapi jika bisa lebih, kenapa tidak? Dengan implementasi teknologi ini, ke depannya kita tidak akan lagi berurusan dengan masalah buffering sebab kecepatan meningkat beratus kali lipat dari sebelumnya. Masalah latensi juga akan berkurang. Latensi merupakan delay pada pemprosesan data yang berdampak pada gangguan koneksi. Ini masih menjadi momok pada jaringan yang sekarang

Keuntungan memakai 5G

Apa saja benefit yang ditawarkan oleh jaringan 5G? Pertama, kecepatan akses akan jauh lebih tinggi. Kedua, teknologi yang membutuhkan transmisi data besar seperti mobil tanpa driver (autonomous car) juga akan terbantu. Sementara itu, bermgain game akan terasa lebih nyaman sebab tidak ada lagi yang namanya lag akibat masalah jaringan. Seperti kita ketahui, salah satu ganjalan terbesar bermain game online adalah saat koneksi tidak mendukung. Ini akan membuat gameplay terasa terbata-bata. Dengan speed download/upload super cepat, masalah seperti ini pasti bisa diatasi.

Keuntungan lainnya adalah internet bisa di-share untuk banyak perangkat. Berbagi koneksi dengan banyak perangkat biasanya berdampak langsung pada kecepatan. Penyebabnya adalah karena kecepatan pada router dibatasi. Jadi jika ada 5 perangkat terhubung ke satu router, kecepatan download akan menurun drastis. Dengan kecepatan tinggi menuju router, koneksi akan tetap stabil sekalipun jaringan dipakai oleh banyak perangkat.

jaringan 5G
image source: dvhn.nl

Perkembangan teknologi mobile

Kecepatan internet yang semakin tinggi diharapkan mendorong developer semakin aktif dalam menciptakan karya-karya baru. Teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality misalnya, pasti akan mengalami peningkatan signifikan seiring dengan membaiknya koneksi seluler. Seperti halnya ketika 4G diperkenalkan, banyak perangkat tidak bisa mendeteksi jaringan ini karena masalah kompatibilitas. Perusahaan smartphone pada akhirnya berinisiatif mengeluarkan seri-seri terbaru yang bisa mendukung jaringan ini. Hal yang sama juga akan terjadi pada 5G. Perangkat yang ada sekarang tidak dirancang untuk menjalankan jaringan ini. Maka dari itu, ke depannya kita akan melihat beberapa vendor Smartphone hadir dengan seri-seri terbaru yang sudah 5G-ready.

ZTE misalnya, perusahaan telekomunikasi asal Tiongkok ini sudah bersiap dengan perangkat 5G yang rencananya akan dirilis pada tahun depan. Berbagai masalah masih menyelimuti infrastruktur 4G. Pengguna internet tumbuh secara signifikan dari tahun ke tahun. Ini artinya jaringan baru mutlak dibutuhkan agar kebutuhan konsumen bisa terpenuhi. Bayangkan jika jaringan 4G sekarang tidak mengalami perkembangan sementara pengguna internet terus meningkat secara eksponensial. Dampaknya adalah koneksi akan menjadi lelet karena banyak orang melakukan akses secara bersamaan.

Internet rumahan

Mungkin anda masih ingat bagaimana melakukan koneksi internet dengan Dial Up membutuhkan waktu yang sangat lama. Itupun untuk membuka situs bergambar, kita masih kesulitan karena kecepatan akses yang sangat terbatas. Fast forward ke tahun 2018, kita sudah bisa menikmati teknologi wireless dengan kecepatan yang tidak mengecewakan. Bukan hanya membuka situs bergambar saja, bahkan menonton video dengan ukuran sekian GB juga bisa dilakukan tanpa buffering. Generasi 5G tentu akan lebih baik, dan teknologi nirkabel akan terus menjadi basis koneksi ke depannya, termasuk untuk internet yang disalurkan ke rumah-rumah.

This entry was posted in Internet and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *