Hal-hal Penting Seputar Otomatisasi Marketing

hal-hal penting seputar otomatisasi marketing

Marketing automation atau otomatisasi marketing bukan hal baru lagi di dunia bisnis online. Skill manual memang diperlukan, tapi untuk mempercepat proses promosi, beberapa hal perlu diotomatisasi. Sebagai seorang internet marketer, waktu adalah hal yang sangat berharga. Jika anda melakukan semuanya secara manual, banyak waktu akan terbuang percuma. Beberapa aspek dari bisnis perlu otomatisasi. Seiring dengan semakin berkembangnya bisnis yang dikelola, kebutuhan akan software otomatisasi akan semakin besar. Ingin tahu apa saja hal-hal penting seputar otomatisasi marketing?

Tidak sulit menemukan ahli marketing automation yang siap membantu melancarkan usaha anda. Beberapa task atau tugas biasanya perlu dilakukan berulang. Jika proses tersebut dilakukan secara manual, ini akan menyita banyak waktu. Jalan keluarnya adalah dengan memanfaatkan software automation. Mengirim email, mengatur jadwal posting, dll bisa dilakukan dengan mudah. Biaya yang dikeluarkan memang lumayan besar, tapi anda akan berhemat banyak dalam jangka panjang. Perusahaan akan mendapatkan profit lebih besar karena biaya operasional bisa dikurangi.

Efisiensi di dalam sebuah usaha adalah hal yang sangat penting. Penghematan sekecil apapun akan berdampak besar nantinya. Maka dari itu, daripada melakukan semuanya manual, sebaiknya ubah pola pikir anda. Tidak ada salahnya memakai software agar tugas-tugas bisa dikerjakan secara lebih cepat. Selain menghemat waktu, ini juga bisa menghemat tenaga dan pikiran. Ada banyak tipe software yang masuk dalam kategori ini, seperti customer data integration, customer segmentation, dan campaign management. Anda akan menemukan banyak pilihan produk di luaran sana, jadi harap lebih teliti dalam membelinya.

Sebagai pengguna internet, kita kerap kali berhadapan dengan software automation meski tanpa disadari. Misalnya saja saat kita mengirim email komplain ke toko online, tidak sampai 5 menit balasan sudah datang. Balasan tersebut mungkin bukan ditulis secara manual oleh customer support, tapi oleh software. Balasan manual biasanya akan datang lebih lambat dan kontennya menyesuaikan dengan komplain yang disampaikan.

Software seperti ini menjangkau bidang yang sangat luas dalam dunia marketing, termasuk sosial media. Jika ada yang beranggapan bahwa proses otomatis tidak manusiawi karena melibatkan robot, sebaiknya pikiran seperti itu dibuang jauh-jauh. Seperti disampaikan di awal, dalam menjalankan sebuah bisnis, ada beberapa aspek yang pengerjaannya perlu memakai software  agar lebih cepat. Tapi ini tidak lantas membuat semua proses diotomatisasi. Beberapa bidang tetap butuh campur tangan manusia.

Tentu ada benefit nyata jika orang sampai berbondong-bondong mencarinya. Keuntungan yang paling terasa adalah soal waktu. Semuanya jadi lebih cepat dan praktis jika melibatkan software. Kemudian soal personalisasi, kita diberi kemudahan untuk mengkustomisasi konten sesuai dengan keinginan. Selain itu juga tersedia opsi targetting dimana kita bisa menentukan untuk siapa konten tersebut dibuat. Karena menghemat waktu, kita bisa memikirkan hal-hal lain. Marketing automation memungkinkan kita untuk merancang konten berdasarkan kebutuhan konsumen.

Misalnya, anda bisa membuat penawaran-penawaran menarik untuk konsumen tertentu. Mereka (konsumen) juga bisa dikelompokkan berdasarkan interest dan demografis yang lebih spesifik. Kami yakin anda sudah tahu bahwa setiap konsumen / klien punya interest yang berbeda-beda. Untuk memaksimalkan profit, anda harus pintar-pintar membaca demografis dan ketertarikan mereka. Manfaat lain software automation adalah memungkinkan kita berpromosi lintas platform. Anda bisa memakainya untuk mengelola akun-akun media sosial yang dimiliki. Promosi akan jauh lebih mudah jika semua sosial media terintegrasi.

Apakah aktivitas seperti ini tergolong spam? Sekilas mungkin terlihat seperti itu, tapi jika menilik lebih dalam, anda akan menyadari bahwa pengguna masih punya kontrol penuh terkait konten yang ingin dibuat. Misalnya dalam berkirim email, ada beberapa penyesuaian yang bisa dilakukan supaya email tidak tampak seperti spam. Adalah hal yang penting untuk membuat konten otomatis sesuai dengan feedback yang diberikan oleh konsumen. Jika ada hal-hal yang mereka kritisi soal materi promosi dan yang lainnya, sebaiknya rubah agar mereka tidak kecewa. Itu tadi hal-hal penting seputar otomatisasi marketing. Semoga anda bisa menerapkannya pada bisnis yang sedang dijalankan.

This entry was posted in Internet and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *