Faktor Penting di Search Engine Saat Ini

Apa saja faktor yang menentukan ranking website di mesin pencari? Algoritma ini berubah dari waktu ke waktu. Tugas dari seorang internet marketer adalah memastikan agar website yang dikelola posisinya tidak terlempar ke halaman belakang. Untuk mewujudkan hal tersebut tidak mudah, diperlukan pemahaman yang memadai tentang bagaimana Google dan search engine lain membuat algoritmanya. Survey menunjukkan bahwa orang-orang di bawah 30 tahun rata-rata sudah memakai Smartphone. Mereka tidak hanya memakainya untuk berkomunikasi saja, tapi juga mencari informasi, baik lewat browser, aplikasi media sosial, dan yang lainnya.

Faktor Penting di Search Engine Saat Ini
image source: biznology.com

Optimasi website

Website perlu dikelola secara profesional agar tidak berdampak buruk pada SEO. Website yang berat misalnya, akan mudah tersingkir di mesin pencari. Tidak hanya itu saja, dampak secara langsung juga dirasakan oleh visitor. Bayangkan jika untuk membuka website saja butuh waktu lebih dari 30 detik, orang akan cenderung menekan tombol back dan mencari referensi di situs lain. Jadi jelas, website yang tidak dikelola dengan baik akan mempengaruhi kenyamanan pembaca. Berkurangnya traffic akan berimbas pada potensi penjualan lewat situs tersebut.

Backlink masih diperlukan

Banyak yang masih berasumsi jika backlink tidak terlalu penting asalkan konten yang diposting berkualitas. Padahal faktanya, link eksternal dari website lain masih mempengaruhi perankingan. Search engine menilai situs dengan inbound link dari situs populer lebih bernilai dan berkualitas. Itulah mengapa laman-laman seperti ini lebih berpeluang besar menempati halaman pertama mesin pencari. Tidak mudah mendapatkan link balik dari situs-situs yang kredibel. Tapi sekalinya anda berhasil, web akan cepat melesat ke halaman depan. Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan banyak link balik. Buatlah konten yang menarik. Jenis konten seperti ini biasanya lebih mudah menarik views dan share. Semakin sering di-share, semakin terbuka kesempatan konten tersebut dikutip oleh situs-situs lain.

Konten relevan

Artikel yang diupdate secara rutin juga berpeluang dipandang penting oleh Google. Jadi jika anda membuat sebuah artikel dan ternyata kebanjiran traffic, jangan abaikan artikel tersebut setelah masanya lewat. Ada waktu dimana sebuah konten mendapatkan banyak views karena sedang menjadi perbincangan hangat. Tapi seiring waktu, kunjungan harian akan berkurang. Ini tidak seharusnya menjadi alasan bagi anda untuk menelantarkan konten tersebut. Akan lebih baik jika info-info baru diposting disana sehingga artikel tersebut menjadi tulisan yang benar-benar berbobot. Dengan begini, peluang artikel tersebut tetap berada di puncak pencarian akan semakin besar.

Faktor Penting di Search Engine Saat Ini 2
image source: kwork.ru

Enkripsi https

Menurut informasi yang dilansir dari berbagai sumber, enkripsi juga menentukan ranking sebuah website. Memang tidak semua website yang menduduki posisi terasa punya enkripsi https, tapi semakin kesini semakin banyak situs populer yang mengadopsi ide ini. Enkripsi https biasanya lebih sering dipakai untuk web yang meminta data personal, seperti web eCommerce. Tapi sebenarnya pengaplikasiannya tidak terbatas untuk situs-situs tertentu saja. Ada yang menganggap bahwa enkripsi tidak perlu untuk website reguler, tapi ini tetap bisa dilakukan sebab Google memakainya untuk menentukan ranking di mesin pencari.

Media sosial

Traffic website tidak hanya berasal dari mesin pencari saja. Banyak marketer yang lebih mengandalkan traffic dari media sosial karena jumlahnya bisa sama besar. Inilah mengapa sangat penting menambah menu share pada setiap posting. Tapi hal ini tidak perlu dilakukan secara manual sebab sekarang sudah ada banyak plugin yang bisa dipergunakan untuk menambahkan menu share. Artikel-artikel yang punya banyak retweets, likes, dan share biasanya akan lebih stabil posisinya di search engine. Jangan hanya fokus pada Facebook dan Twitter saja. Masih ada banyak sosmed lain yang bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan traffic.

Visual

Visual merupakan salah satu elemen terpenting dari sebuah website. Website apapun yang anda kunjungi pasti berisi header, gambar ilustrasi, dan visual menarik lainnya. Iya, visual memang masih menjadi hal esensi dari website sebab tanpanya, website akan terlihat ‘mati’. Situs yang punya ranking bagus rata-rata memakai gambar berkualitas dengan resolusi memadai. Kualitas disini maksudnya adalah gambar tersebut adalah hasil karya sendiri (belum pernah di-publish sebelumnya). Gambar duplikat tidak hanya negatif untuk SEO, tapi juga bisa melanggar hak cipta.

This entry was posted in Internet and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *