Asisten Virtual Alexa Yang Bisa Menjalankan Perintah Suara

Alexa bukanlah istilah yang awam terutama bagi mereka yang sudah sering memakai perangkat Amazon. Fitur ini tersedia salah satunya pada Amazon Echo. Alexa merupakan asisten virtual yang bisa diminta melakukan berbagai instruksi. Perusahaan sudah mengintegrasikannya dengan berbagai produk yang mereka rilis. Anda tentu mengenal Siri, bukan? Iya, Alexa bisa dibilang versi Siri dari Amazon. Asisten virtual yang satu ini bisa diminta melakukan berbagai tugas, seperti mengontrol gadget Smart-Home, memainkan musik, memberikan informasi tempat, menyesuaikan thermostat, dll.

Asisten virtual Alexa
image source: youtube.com

Meski banyak yang beranggapan bahwa Alexa identik dengan Amazon Echo, tapi asisten virtual ini terdapat pada berbagai produk lain, salah satunya adalah Amazon Fire T    V. Alexa masih berada di belakang Siri soal dukungan bahasa. Agar bisa memakai asisten virtual ini, anda perlu menyampaikan pertanyaan dalam bahasa Inggris. Pelafalannya juga harus tepat sebab mereka yang bukan native speaker sering mengucapkan kosakata dengan pelafalan yang kurang tepat. Memang agak merepotkan, tapi jika anda sudah terbiasa berbahasa Inggris, kami yakin tidak sulit untuk memakainya.

Berbicara dengan Alexa seperti berbicara dengan seseorang yang pintar. Alexa merupakan ensiklopedi portable yang bisa menginformasikan kepada anda tentang begitu banyak hal. Software ini dirancang untuk menerima perintah suara dari manusia. Sebelum memberikan pertanyaan, pengguna terlebih dahulu harus berkata ‘Alexa’. Kata tersebut akan mengaktifkan software agar bersiap untuk menerima pertanyaan berikutnya.

Menurut pengembangnya sendiri, Alexa dideskripsikan sebagai “sensor suara pintar yang memiliki kemampuan dalam mengartikan bahasa, memungkinkan kita berkomunikasi dengan perangkat yang memiliki speaker dan microphone”. Meski ‘Alexa’ merupakan kata perintah untuk memulai instruksi, tapi anda juga bisa menggantinya dengan ‘Echo’ atau ‘Amazon’. Ini sangat bermanfaat terutama jika anda memiliki nama yang sama dengan asisten virtual ini. Kan tidak lucu jika speaker memberikan jawaban, sementara yang dipanggil adalah anda.

Antara Alexa, Siri, dan Google Home

Asisten virtual akan punya peran besar dalam teknologi di masa depan. Tidak hanya Apple dan Amazon saja, Google juga sudah punya asisten virtual mereka sendiri, yaitu Google home. Semuanya punya prinsip kerja yang sama, tapi fitur yang ditawarkan berbeda-beda, begitu pula dengan kemampuannya dalam mengenali suara.

Nama Alexa punya sejarah yang unik. Perusahaan tidak begitu saja memilih nama ini, melainkan berdasarkan pertimbangan bahwa perpustakaan Alexandria merupakan gudangnya ilmu. Dari sini tercetuslah nama Alexa yang juga punya makna serupa, yaitu gudang informasi. Faktor pertimbangan lainnya adalah pada kata Alexa terdapat huruf ‘X’. Pemakaian konsonan ini menurut mereka bisa menghindari pengguna mengaktifkan Alexa secara tidak disengaja.

Asisten virtual Alexa vs Siri

Siri bukan pemain baru dalam dunia kecerdasan buatan. Pemilik perangkat iOS tentu sudah terbiasa menggunakannya. Alexa dan Siri punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak hanya itu saja, keduanya juga tersedia pada perangkat yang berbeda. Ini bisa menjadi pertimbangan apakah anda ingin memakai satu atau keduanya sekaligus.

Alexa bisa memberikan informasi traffic secara detil, termasuk rute terbaik untuk sampai ke tempat kerja. Siri juga sama, tapi program yang satu ini akan terlebih dahulu membuka aplikasi peta dan memberitahukan anda keadaan lalu-lintas di sekitar. Dari segi rensponsivitas, Alexa selalu sedia dimana saja. Anda bisa meletakkan Amazon Echo di kamar tidur atau ruang keluarga, asalkan perintah disampaikan secara jelas, perangkat pasti akan menjawabnya. Untuk Siri, anda mungkin perlu berada dekat agar instruksi didengar dan dijalankan sesuai permintaan.

Asisten virtual Alexa 2
image source: capdstrategies.com

Asisten virtual Alexa vs Google home

Jika anda tertarik untuk mengetahui apa saja keunggulan Alexa dibandingkan dengan virtual assistant milik Google, berikut ini adalah beberapa diantaranya.

  • Jumlah skill. Alexa dipergunakan oleh pihak ketiga. Ini memacu perkembangan skills yang dimiliki. Ada lebih dari 7.000 skill yang Alexa bisa lakukan. Google home masih berada di belakang dalam hal ini.
  • Identifikasi lirik. Kedua asisten virtual bisa mengenali lirik, tapi Alexa bisa mengenali lirik dari lagu-lagu yang jarang didengar secara akurat. Tentu fungsi ini akan semakin baik pada keduanya di masa depan.
  • Belanja. Amazon merupakan salah satu perusahaan retail terbesar. Jadi jika anda ingin berbelanja produk di Amazon, Alexa adalah asisten yang tepat untuk dimiliki. Ia bisa membantu anda memesan produk apa saja. Alexa bahkan bisa menetapkan password sebagai pengaman agar tidak sembarangan orang bisa memesan produk.
  • Movie showtime. Ada kemungkinan Alexa akan menjawab dengan cepat ketika anda bertanya soal jadwal tayang film di lokasi terdekat, sementara Google belum bisa menampilkannya.
  • Integrasi Smart Home. Alexa sudah terintegrasi dengan banyak sistem Smart-Home. Artinya Alexa bisa dipergunakan untuk mengontrol berbagai jenis perangkat, seperti lampu, thermostat, saklar, dan masih banyak yang lainnya.

Memakai asisten virtual Alexa

Untuk memakai Alexa, maka anda harus memiliki salah satu perangkat Amazon yang mendukung fitur ini, seperti Amazon Echo, Tap, atau Dot. Tapi sekarang Alexa juga sudah ditambahkan pada beberapa layanan pihak ketiga. Perangkat lain yang bisa dicoba adalah Fire TV. Pemakaian asisten virtual ini semakin meluas setelah beberapa sistem Smart-Home juga memakainya, diantaranya adalah SmartThings, Wink, dan Logitech Harmony.

Alexa terus mengalami ekspansi database. Jumlah perintah yang bisa dilakukan terus meningkat dari waktu ke waktu. Saat ini jumlahnya sudah mencapai lebih dari 7.000. Perusahaan menyebut instruksi tersebut sebagai ‘skills’. Ada begitu banyak skill tersedia, bahkan ada skill yang bisa menemukan instruksi-instruksi baru, namanya adalah Skill Finder. Untuk mengaktifkannya, cukup katakan “Alexa, what are your new skills?”. Skills yang tersedia mencakup berbagai jenis kategori, seperti kesehatan, produktivitas, keuangan, makanan dan minuman, dsb.

Contohnya saja, anda bisa bertanya kepada Alexa tentang suhu yang tepat untuk memanggang steak. Atau anda juga bisa bertanya kepada Alexa resep yang lezat untuk makan malam. Sementara berkaitan dengan liburan, anda bisa bertanya berapa tarif transportasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Anda juga bisa meminta Alexa untuk memesan kendaraan. Masih ada banyak lagi skill keren lain yang bisa dilakukan oleh asisten virtual yang satu ini. Sekian pembahasan seputar asisten virtual Alexa. Semoga informasi ini menambah wawasan anda.

This entry was posted in Software and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *