Digital Campaign Indonesia Harus Mencontoh Digital Campaign Dunia Ini

Digital Campaign Indonesia Harus Mencontoh Digital Campign Dunia Ini

Digital Campaign Indonesia
Sumber gambar: digiwilly.wordpress.com dan whitestarmediainc.com

Beberapa brand di Indonesia memanfaatkan sosial media seperti Twitter, Facebook dan juga YoutTube dengan sangat baik merasa belum cukup dengan itu, mereka akhirnya menggunakan jasa selebriti untuk menarik perhatian masyarakat atau sebagai penyampai pesan. Pada tahun 2013, Yamaha membuat video campaign yang dirilis di televisi dan YouTube dan video campaign ini berhasil menarik viewers yang totalnya ribuan, total viewers yang tidak mudah dicapai di Indonesia dalam market video komersial pada saat itu. Video campaign merupakan salah satu fasilitas dari digital campaign yang hingga saat ini masih digunakan dengan sangat baik oleh beberapa perusahaan untuk mengenalkan produk mereka pada masyarakat dalam skala besar. Digital campaign Indonesia saat ini sedang menuju arah perkembangan yang lebih meluas dimana kualitas produksi kampanye dibuat dengan sebagus mungkin. Berikut ini beberapa digital campain terbaik menurut Best Marketing International:

Live Test Series

Merupakan sebuah kampanye yang ditujukkan untuk mengampanyekan Truk Volvo FM terbaru yang menampilkan fitur produk bagus. Nilai hiburan yang sangat tinggi membuat kampanye ini menduduki puncaknya saat dirilis video campaign-nya. The Epic Split menampilkan aktor populer Van Damme yang melakukan split di antara 2 truk Volvo yang tengah berjalan. Viewer video campign ini sangat banyak dan makin banyak hingga tahun ini.

Real Beauty Sketches

Merupakan kampanye yang menjadi pembicaraan hangat di public, kampanye ini membangun loyalitas brand melalui kecantikan sejati karena produk yang dikampanyekan adalah Dove. Yang unik dari video campaign ini adalah perilisannya yang menggunakan 46 bahasa dunia, menarik begitu banyak perhatian publik dan telah ditonton jutaan orang. Untuk sukses di marketing digital, setidaknya digital campaign Indonesia bisa mempelajari dengan baik pengalaman yang diberikan oleh video campaign yang berdampak sangat besar di masyarakat dunia.

All Eyes On The S4

Swisscom dan Samsung bekerjasama untuk merilis kampanye dari Samsung Galaxy S4 yang lokasinya ada di negara tersebut (Swiss). Mereka berhasil menarik perhatian masyarakat dengan membuat kompetisi di sebuah stasiun kereta, yakni stasiun kereta utama yang berada di Zurich. Orang diminta untuk melihat billboard CLP dalam waktu-waktu tertentu dengan distraksi yang sangat banyak. Uniknya kompetisi ini telah ditayangkan secara live dari media streaming dan telah ditonton jutaan orang.

Vine Fix In Six

Kampanye ini khusus dibuat untuk Lowe’s yang merupakan sebuah brand produk perkakas yang berhasil memanfaatkan video campaign dengan sangat cerdas. Dalam tiap video yang telah direkam, menampilkan perbaikan rumah yang dilakukan secara sederhana. Video ini hanya menghabiskan $5000 saja, untuk pendaan Amerika Serikat budget ini termasuk rendah.

Kan Khajura Station

Berbeda dengan beberapa negara yang sudah maju, beberapa brand di India tidak bisa dijangkau hingga ke pedesaannya, karena komunikasi modern yang terjalin belum tersebar luas dan merata. Unilever India selalu berupaya untuk menjangkau orang-orang tersebut dan salah satu caranya adalah dengan menciptakan Kan Khanjura Station yakni radio mobile gratis yang memiliki fasilitas dan fitur unik, dimana masyarakat India hanya perlu missed call ke sebuah nomor tertentu dan begitu saja dia akan menerima telepon dari nomor yang telah dihubungi lalu mendapatkan konten hiburan gratis, tidak terkecuali digital campaign dari Unilever.

Digital campaign Indonesia mungkin tidak sebaik digital campaign di luar negeri sana, namun kita selalu berupaya untuk menjadi lebih baik lagi dalam mempromosikan produk dan jasa termasuk mempromosikan negeri melalui digital.

 

Dove Real Beauty Sketches | You’re more beautiful than you think (3mins)

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Internet and tagged . Bookmark the permalink.

Comments are closed.