Perjalanan Murah Dari Kuala Lumpur Ke Singapore Menggunakan Kereta Api

Perjalanan Murah dari Kuala Lumpur ke Singapore Menggunakan Kereta Api

Perjalanan dari Kuala Lumpur Ke Singapore, Masjid Jamae di dekat China Town - Singapore
Masjid Jamae di dekat China Town – Singapore

Perjalanan dari Kuala Lumpur Ke Singapore, pengalaman ini sebenarnya sudah beberapa bulan yang lalu, baru sempat sekarang nulis disini :), lagi pula udah lama gak di update blognya. Waktu liburan kemarin, pengen coba perjalanan Kuala Lumpur ke Singapore menggunakan kereta api, search sana-sini ternyata memang lebih murah menggunakan Kereta Api.

Perjalanan dari Kuala Lumpur Ke Singapore

bisa dilakukan dengan transportasi umum seperti naik bis, naik pesawat, dan naik kereta, untuk artikel ini saya ingin berbagi pengalaman menggunakan Kereta Api.

Perjalanan dari Kuala Lumpur Ke Singapore, jangan takut gak bisa bahasa inggris, karena kedua negara ini masih negara serumpun, jadi bermodalkan Bahasa Indonesia mereka juga mengerti, saya beberapa kali mendengar Lagu Indonesia di putar di daerah-daerah public, khususnya Malaysia, salah satunya lagunya “Penyanyi Judika” :), dan juga kebanyakan Singaporean juga mengerti Bahasa Indo :).

Untuk mendapatkan tiket kereta api ke Singapore kita bisa mengunjungi Stasiun KL Central, ini adalah tempat pusatnya transportasi umum di Malaysia. Dari sini kita bisa menggunakan Bis ke berbagai tempat, ke KLIA menggunakan KLIA Express dan Transit, Monorel dalam kota, KTM Komuter, KTM jarak jauh, dan aliran Kelana Jaya.

Kuala Lumpur Sentral (KL Sentral) atau Sentral Kuala Lumpur dibuka pada tanggal 16 April 2001 dan merupakan pengembangan stasiun berorientasi transit yang mana pusat stasiun kereta api utama di Kuala Lumpur, ibukota Negara Malaysia, dirancang sebagai pusat transportasi intermoda, pusat perbelanjaan, perkantoran dan apartemen. Sebagian besar jalur rel penumpang Kuala Lumpur melayani KL Sentral. KL Sentral menggantikan stasiun kereta api Kuala Lumpur lama sebagai stasiun utama kereta api antarkota kota. KL Sentral adalah stasiun kereta api terbesar di Malaysia.

Perjalanan dari Kuala Lumpur ke Singapore, untuk membeli tiket, karena saya mulai berangkat di daerah Serdang, maka saya beli tiket dulu dari stasiun Serdang ke KL Sentral, sebesar RM1.7 (sekitar Rp.6460), sesampainya di KL Sentral beli tiket ke Singapore di konter tiket KTM Intercity Train untuk tujuan Woodland CIQ – Singapore, biayanya sekitar RM.34 untuk Superior Class (kemarin rate per 1RM adalah @Rp3800), nama keretanya adalah Senandung Sutera. Kemudian di tiket tertulis kita harus menunggu di Gate B (kalo di gambar tertulis Gate A awalnya, itu petugasnya salah kasih stempel kemudian saya datangi kembali dan di tiban pake stempel Gate B).

Perjalanan dari Kuala Lumpur Ke Singapore, Tiket KTM Intercity - Senandung Sutera
Tiket KTM Intercity – Senandung Sutera

Kereta Api Senandung Sutera ini secara fisik tidak semoderen kereta dalam kota Malaysia, tapi cukup nyaman juga didalamnya. Senandung Sutera berangkat jam 23:00 waktu setempat, jadi gak perlu datang sore untuk beli tiketnya, waktu itu saya datang sore sehingga menunggu disana kelamaan. Setahu saya untuk perjalanan di malam hari tidak begitu ramai, tiket yang saya beli ini adalah tiket dengan penumpang duduk, biasanya penjual tiket menanyakan terlebih dahulu untuk pembelian tiket duduk atau tempat tidur (class sleepers).

Perjalanan dari Kuala Lumpur Ke Singapore, Jadwal KTM Intercity

Penumpang kereta ini hendaknya membawa jaket atau sejenis pakaian hangat, dikarenakan dingin sekali di dalamnya, jaket saya saja gak mencukupi untuk menghangatkan badan 🙂 sehingga saya mengunakan tas menempel di tubuh untuk menambah kehangatan.

Kereta Api berangkat 23.00 dan akan sampai ke Stasiun Johor Bahru sekitar jam 6 pagi, disana kita harus laporan dulu ke pihak imigrasi Malaysia karena kita akan keluar negara Kerajaan Malaysia menuju negara Singapore.

Perjalanan dari Kuala Lumpur ke Singapore, sesampainya di Singapore kereta akan berhenti di Stasiun Woodland CIQ dan periksa imigrasi lagi. Karena saya pergi di weekdays atau hari kerja, di stasiun Johor Bahru kita akan menemukan penumpang yang banyak untuk menyeberang ke Singapore, kalo melihat tampilannya seperti orang kerja, yang mana para penumpang tersebut akan mengisi jalan yang ada di tengah gerbong kereta karena jumlahnya banyak.
Woodlands Checkpoint Kereta (Woodlands Train Checkpoint/ WTCP) dikenal sebagai Woodlands CIQ merupakan stasiun kereta api dan perbatasan pos pemeriksaan di Woodlands, Singapura. Ini adalah stasiun selatan dari Keretapi Tanah Melayu (KTM) jaringan rel Malaysia.

Pemeriksaan imigrasi di Woodland CIQ – Singapore setidaknya menghabiskan waktu 30 menit, dikarenakan antriannya banyak pada waktu itu, dan usahakan kita memiliki pulpen sendiri karena ada imigration form yang harus diisi.
Setelah itu apabila kita sudah booking penginapan atau hotel sebelumnya di dekat jalur MRT Singapore kita dapat menggunakan MRT saja, tapi sebelumnya dari stasiun Woodland CIQ Station menggunakan bis menuju ke MRT Woodland Station, bayarnya bisa cash kok, kalo gak salah SGD1,2 sampai di MRT woodland. Selanjutnya dikarenakan saya menginap di China Town dan juga ingin mengunjungi Merlion dan beberapa tempat lainnya saya menggunakan MRT tujuan Raffless MRT Station.
Jangan panik untuk pembelian tiketnya, kita bisa tanyakan orang disana menggunakan bahasa atau english seadanya, dan apabila kita tidak punya kartu EZ-Link, beli saja Standard Ticket di mesin GTM (General Ticketing Machine).

Stasiun kereta MRT Woodlands memiliki Kode NS9, yang terletak di bawah stasiun juga merupakan Pusat Belanja Causeway Point terintegrasi dengan Terminal Bus Regional Woodlands, Stasiun ini adalah stasiun di atas tanah Jalur Utara Selatan di Singapura.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan selama disana, untuk mencari makanan halal disana hendaknya ditanyakan terlebih dahulu kepada penjualnya, dan siap-siap uang extra untuk makan di lokasi turis karena biasanya mahal tapi tidak mengenyangkan. Siapkan segala keperluan sebelum sampai di tempat tujuan seperti Passport, booking Hotel/ Hostel, uang extra 50% dari estimasi budget, obat2an, smartphone, latih diri Anda seperti friendly guy karena terkadang kita akan memerlukan/ bertanya kepada orang lain tentang hal yang tidak kita ketahui, seperti alamat, makanan, tawar menawar, dan lain sebagainya. Dan satu hal lagi tunjukkan bahwa Indonesian bersih, rapih, dan tidak kasar.

Semoga berguna dan perjalanan kamu menyenangkan ya :).

Perjalanan dari Kuala Lumpur ke Singapore

Updated (5 Sept 15) wikipedia:

Pada masa 1 Juli 2011 hingga 30 Juni 2015, Woodlands Checkpoint Kereta adalah ujung selatan layanan KTM Intercity. Ini di ikuti perjanjian antara Malaysia dan Singapura untuk menutup stasiun kereta api Tanjong Pagar. Penumpang menuju ke utara diberlakukan Singapura Imigrasi dan Bea Malaysia dan Imigrasi di Woodlands train Checkpoint sebelum menaiki kereta untuk Malaysia, sementara penumpang menuju selatan diberlakukan Malaysia Imigrasi di stasiun kereta api Johor Bahru Sentral, dan Bea Singapura dan Imigrasi di Woodlands Train Checkpoint.

Perjalanan dari Kuala Lumpur Ke Singapore, terbaru 1 Juli 2015, KTM Intercity tidak lagi melayani Woodlands Train Checkpoint Kereta, yang mana kereta mulai dan berakhir perjalanan dari stasiun kereta api Johor Bahru Sentral. KTM memperkenalkan layanan kereta antar-jemput bernama “Shuttle Tebrau” antara dua stasiun. Kereta api ini memberikan koneksi akhir untuk antarkota kereta penumpang antara Johor Bahru dan Woodlands, layanan kereta Shuttle Tebrau akan melayani penumpang komuter di kedua kota.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Trip and tagged , , . Bookmark the permalink.